IST DATANG LANGSUNG: Tim Supervisi Kota Depok dan 11 lembaga pendidikan saat mengunjungi PP PAUD dan Dikmas Provinsi Jabar.
IST
DATANG LANGSUNG: Tim Supervisi Kota Depok dan 11 lembaga pendidikan saat mengunjungi PP PAUD dan Dikmas Provinsi Jabar.

DEPOK – Sebanyak 11 lembaga pendidikan Kota Depok bersama dengan perwakilan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mendatangi Pusat Pengembangan (PP) PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Dalam kesempatan tersebut, lembaga pendidikan dan Disdik Kota Depok mengajukan untuk adanya percepatan akreditasi mandiri untuk lembaga pendidikan di Kota Depok.

Kabid PAUD dan Dikmas di Disdik Kota Depok, Tatik Wijayati mengatakan, kunjungan tersebut adalah kelanjutan dari Supervisi Daring dari PAUD dan Dikmas Provinsi Jawa Barat yang diadakan pada 29 – 31 Agustus 2017. Jadi, para lembaga pendidikan yang mengikuti kegiatan tersebut, diharuskan membuat Borang dan diserahkan kepada PP PAUD dan Dikmas Provinsi Jabar.

“Dengan mendatangi langsung, maka 11 lembaga pendidikan bisa konsultasi langsung dengan PP PAUD dan Dikmas Provinsi Jabar. Setelah itu, Borangnya akan diberikan ke Badan Akreditasi Provinsi Jabar,” ucapnya kepada Radar Depok.

Tatik menjelaskan, borang yang diberikan ke PP PAUD dan Dikmas Provinsi Jabar tersebut, memang sangat berguna untuk akreditasi, karena itu menjadi jalan pertama untuk bisa menyerahkan profil ke BAP Jabar.

Dalam kesempatan tersebut Tatik juga berkonsultasi tentang pelaksanaan akreditasi mandiri, agar ada percepatan akreditasi di Kota Depok. Karena, jika mengandalkan kuota yang dikeluarkan BAP Provinsi Jabar, akan butuh waktu lama sampai semua lembaga pendidikan di Kota Depok bisa mendapatkan akreditasi.

“Terutama untuk akreditasi PKBM yang harus dilakukan percepatan akreditasi. Hal itu berkaitan dengan pelaksanaan UN Paket kesetaraan tahun 2018. Karena untuk bisa menjadi sekolah penyelenggaran UN, PKBM harus terakreditasi,” katanya.

Tatik menjelaskan Tim Supervisi Kota Depok yang diketuai dirinya, juga didampingi oleh Asesor Pendamping, Yuningsih dan Operator Supervisi yakni Eni Prihartini. Tim Supervisi Kota Depok diterima langsung oleh Kepala PP PAUD-Dikmas, muhammad Hasbi, Kabid Pengembangan Sumberdaya, Uum Suminar, dan Kasi Pengembangan Satuan Pendidikan, Abdul Muis. (peb)