2018 Guru Swasta Se-Depok Disiram Rp24 Miliar

In Metropolis

DEPOK-Guru di sekolah swasta se-Depok dihembuskan angin kesenangan. Kabarnya, di 2018 guru swasta bakal mendapatkan bantuan dari Pemkot Depok sebesar Rp24 miliar. Rencana tersebut sudah dibahas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kota.

Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Depok, Acep Azhari mengungkapkan, bantuan tersebut belum pasti apakah akan keluar atau tidak di tahun depan. Walaupun rencana bantuan sekolah swasta itu sudah dibahas dalam musrenbang tingkat kota, beberapa waktu lalu di Hotel Bumiwiyata Jalan Margonda. “Iya ada, tapi belum pasti. Itu kan pengajuan lewat Musrenbang kota untuk anggaran APBD 2018,” kata Acep,kepada Radar Depok, kemarin.

Bantuan anggaran sekolah swasta ini, kata Acep, diperuntukan untuk kesrak para guru honorer yang mengajar di sekolah swasta di Kota Depok. Bila bantuan tersebut memang keluar, bisa membantu kejanjangan sosial para guru swasta di Depok. “Bantuan itu dianggarkan sekitar Rp24 miliar,” terangnya.

Ia mencatat, jumlah guru swasta di Depok sekitar 17 ribu lebih dengan total sekolah swasta 1.500, yang tersebar di 11 kecamatan. Namun dari jumlah itu BMPS Depok sedang tahapan validasi data pastinya, sebab selalu berubah. “Bantuan itu untuk para guru,” ungkap Acep.

Bantuan itu dinilai membantu para guru di Depok, lalu dana ini bisa mendukung menciptakan mental untuk pembangunan di Kota Depok.

Terpisah, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna mengatakan, anggaran bantuan untuk sekolah swasta di kota ini sudah dianggarkan. Dan diketok palu oleh DPRD Kota Depok di 2018 sekitar Rp24 miliar.

Bantuan ini, katanya sebagai bentuk perhatian Pemkot Depok kepada sekolah swasta. Jadi bila pemkot Depok tidak memperhatikan sekolah-sekolah swasta itu tidak benar. “Pemkot Depok tetap memberikan perhatian lebih terhadap keberadaan sekolah swasta. Toh sudah diketok anggaran 2018 oleh DPRD,” terang Pradi.

Saat ini tanggung jawab SMA telah diambil alih, Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dengan begitu, pihaknya mengklaim dapat lebih fokus memperhatikan kebutuhan SD dan SMP swasta maupun negeri.

Selain itu, Pemkot Depok juga melakukan pendekatan dengan menjalin berbagai kerja sama. Termasuk mengajak sekolah-sekolah swasta mengirimkan perwakilan pelajar berprestasi ke berbagai ajang perlombaan.

“Kita libatkan mereka dalam kegiatan-kegiatan besar. Seperti peringatan Hari Pendidikan, berbagai lomba dan olimpiade hingga tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi DPRD Kota Depok Lahmudim Abdullah membenarkan adanya bantuan dana kepada sekolah swasta di Depok. Tapi, dia belum tahu pasti bentuk tulisam secara detail terkait bantuan itu. Sebab,  pihaknya akan bertemu dengan TAPD Pemerintahan Kota Depok.

Namun dalam hal ini dirinya mendukung adanya bantuan tersebut untuk para guru-guru swasta di Depok. “Itu bangus kami sangat mendorong, karena peran pemerintah juga harus perhatikan sekolah swasta,” ungkapnya.

Menimpali persoalan ini, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok Mohammad Thamrin menegaskan, dana bantuan dari APBD untuk sekolah swasta sudah langsung melekat di dana Biaya Operasional Sekolah (BOS). Untuk besaranya setiap guru dapat Rp100 ribu perbulan selama satu tahun dianggarkan. “Dananya ditransfer ke sekolah masing-masing. Itu  buat rekomendasi saja,”kata Thamrin kepada Radar Depok, kemarin.

Bantuan dana kesejahteraan guru swasta ini, kata dia, sudah dianggarkan pada APBD 2017. Di 2017 untuk jumlah guru yang mendapatkan dana tersebut masih mengunakan data yang diajukan, untuk jumlah keseluruhan ia mengaku tidak hafal. “Sementara hampir sama  jumlah guru yang terdata sejak awal, karena belum ada penambahan sekolah swasta,” tandasnya.(irw)

You may also read!

SK partai gerindra untuk pradi-afifah

Prabowo Restui Pradi-Afifah Bertarung di Pilkada Depok

RESMI : Penyerahan SK dari DPP Partai Gerindra ke Pradi Supriatna- Afifah Alia untuk ikut

Read More...
PNJ ke sungai ciliwung

Penanganan Pandemi Covid-19 dengan Memanfaatkan Limbah Kayu di Komunitas Ciliwung Depok

Foto bersama peserta, narasumber, dan panitia, dan mitra KCD. RADARDEPOK.COM - Sudah menjadi syarat, saat ini

Read More...

5 Fakta dari Terpaparnya virus Korona Istri Walikota Depok

Elly Farida.   RADARDEPOK.COM - Istri dari Walikota Depok Mohammad Idris, yakni Elly Farida dinyatakan positif virus

Read More...

Mobile Sliding Menu