33 Anggota Panwascam Dilantik

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
Ketua Panwaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana saat melantik 33 anggota Panwascam di Wisma Hijau Kelurahan Mekarsari, Cimanggis, Rabu (25/10).

DEPOK – Setelah melalui beberapa tahapan seleksi. Akhirnya, sebanyak 33 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Depok dilantik, di Wisma Hijau Kelurahan Mekarsari, Cimanggis, Rabu (25/10).

Ketua Panwaslu Kota Depok, Dede Slamet Permana mengatakan, sesuai dengan amanat yang diberikan kepada Panwaslu Kota Depok oleh Bawaslu provinsi yang melanjutkan amanat dari Bawaslu RI sebagai struktural pengawasan ditingkat kecamatan, saat ini Panwascam memiliki tugas dan tanggungjawab luar biasa berat.

“Karena melaksanakan dua pemilihan yang hampir bersamaan, dimana mengawasi Pilgub Jabar 2018 sambil mengawasi tahapan Pileg dan Pilpes yang sudah dimulai beberapa waktu yang lalu,” kata Dede kepada Radar Depok.

Menurutnya, dua hajat pemilihan tersebut punya karakteristik yang berbeda, sehingga setelah dilantik, seluruh anggota Panwascam akan langsung mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) selama tiga hari. Dengan harapan anggota Panwascam dapat langsung bekerja, punya pemahaman yang utuh, sudah punya kesiapan dari sisi wawasan dan kemampuan teknis.

“Modul sudah kami siapkan, dan juga narasumbernya,” papar Dede.

Dede melanjutkan, pelantikan ini bukan sebuah kemenangan, tetapi sebuah amanah besar, yang akan dipertanggungjawabkan di dunia maupun di akherat, kepada diri sendiri, keluarga, masyarakat, kecamatan dan negara sebagai pemberi amanat.

“Anggota Panwascam dipercayakan untuk menjadi alat negara, mengelola anggaran negara yang jumlahnya cukup besar,” terangnya.

Karenannya, Panwaslu Kota Depok berharap Panwascam yang dilantik saat ini sudah keluar dari patron lama, yaitu berubah menjadi Panwascam yang berintegritas tinggi.

“Mari kita menjaga profesionalitas dan bekerja dengan sungguh-sungguh. Panwaslu juga berharap dari pihak kecamatan dapat menaruh ASN yang berkualitas, karena kesuksesan pemilu itu ada dua hal, pertama kesuksesan pengawasannya dan kedua kesuksesan dari pengelolaan anggaran,” paparnya.

Ia menambahkan, anggota Panwascam yang dilantik ini bukan musuh KPU, tapi sebagai mitra untuk sama-sama menyukseskan Pilgub 2018 dan Pileg-Pilpres 2019.

“Tentunya ketika semua paham Tupoksi masing-masing dan didukung dengan ASN berkualitas di tiap kecamatan, serta ditambah peningkatan kapasitas dan wawasan, juga komitmen kita dalam menjaga profesionalitas dan integritas. Semoga kita bisa sukses mengawal pemilu,” tandasnya.

Sementara, Komisioner KPU Kota Depok, Nurhadi yang hadir dalam pelantikan tersebut mengucapkan selamat kepada Panwaslu Kota Depok yang telah berhasil menyeleksi anggota Panwascam hingga dilantik secara resmi.

“Selamat kepada seluruh anggota Panwascam yang dilantik,” kata Nurhadi.

Kata dia, saat ini pun pihaknya telah melakukan seleksi PPK dan akan segera diumumkan hasilnya serta melakukan pelantikan.

Menurutnya, baik PPK maupun Panwascam sejatinya harus saling berkoordinasi. Saat ini berbicaranya substansi, jika bung Karno mengatakan, ambil apinya bukan abunya.

“Jadi ambil semangat atau spiritnya untuk mensukseskan Pemilu. Kami berharap, ditingkat kecamatan PPK dan Panwas bisa saling berkoordinasi agar semua dilakukan profesional dan terbuka,” ucap Nurhadi. (cky)

You may also read!

Simulasi pilkada polda metro jaya

Ratusan Personel Kepolisian Disiagakan untuk Pilkada Depok

PANTAU : Karoops Polda Metro Jaya, Kombes Marsudianto, usai memantau kegiatan simulasi Pilkada di Alun-alun

Read More...
menara air sukmajaya diruntuhkan

Ini Alasan PDAM Tirta Asata Rubuhkan Menara Air Sukmajaya

IKON : Menara air PDAM Tirta Asasta di Jalan Kejayaan, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya akan

Read More...
perjalanan KRL ditambah

Ini Syarat Karyawan Saat Pembatasan Aktifitas Masyarakat di Malam Hari

PADAT : Suasana perjalanan kereta di Stasiun Citayam, Kota Depok. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK   RADARDEPOK.COM, DEPOK

Read More...

Mobile Sliding Menu