IST JASMERAH: Warga Kelurahan Pondok Cina antusias menyaksikan Film Pengkhianatan G30S/PKI.
IST
JASMERAH: Warga Kelurahan Pondok Cina antusias menyaksikan Film Pengkhianatan G30S/PKI.

Nonton bareng (nobar) Fim G30S/PKI yang kerap dilakukan seluruh lapisan masyarakat di Kota Depok menandakan, masyarakat Depok tidak pernah lupa akan sejarah kelam kekejian yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) beberapa tahun lalu. Untuk mengingat kembali dan mengedukasi masyarakat yang ada di Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kelompok Pemuda Bina Anggota Kearah Insan Terampil (Binangkit) mengadakan acara nonton bareng film G30S/PKI beberapa waktu lalu, tepatnya Hari Minggu (1/10).

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO

 

Di sebuah lapangan yang cukup luas di RW04, Kelurahan Pondok Cina, Kelaurahan Beji, tampak sebuah layar berwana putih terbentang. Di hadapan layar tersebut, warga tampak asik menyaksikan film yang dipantulkan oleh alat proyektor yang ada di belakang layar tersebut, yakni film Pengkhianatan G30S/PKI.

Ketua Binangkit, Hendra Jaya mengatakan, para hadir untuk menonton di tempat tersebut berasal dari berbagai wilayah yang ada di Kelurahan Pondok Cina. Jadi, untuk menjalin kebersamaan dan menambah pengetahuan tentang sejarah secara bersama-sama.

“Kita kerjasama dengan Karang Taruna Kelutahan Pondok Cina dan Babinsa Kelurahan Pondok Cina,” ucap pria yang akrab disapa Bendoy tersebut.

Dia menambahkan, dalam kegiatan nonton bareng tersebut, hadir pula Lurah Pondok Cina Hendar Pradesa, Ketua LPM Kelurahan Pondok Cina Munir, dan Bimas dan Babinsa Kelurahan Pondok cina.

Dirinya bersyukur acara nonton bareng bisa berjalan dengan hikmat dan lancar, meskipun sempat terhadang oleh datangnya hujan di awal awal pemutaran film tersebut.

“Warga tetap setia menunggu sampai hujan berhenti, dan akhirnya bisa nobar lagi sampai film tuntas,” tuturnya.

Dia berharap, dengan diadakanya nobar tersebut, warga bisa mengingat kembali sejarah kelam yang pernah terjadi di negara ini.

“Saya juga bersyukur, karena bisa sekaligus bersilahturahmi dengan warga sekitar diacara tersebut,” jelasnya. (*)