IRWAN/RADARDEPOK RESMIKAN : Walikota Depok Mohammad Idris didampingi Kokotole pembina Taman musik Depok, meresmikan Taman Musik Depok di kawasan Taman Merdeka, Kecamatan Sukmajaya, Depok Timur Minggu (1/10).
IRWAN/RADARDEPOK
RESMIKAN : Walikota Depok Mohammad Idris didampingi Kokotole pembina Taman musik Depok, meresmikan Taman Musik Depok di kawasan Taman Merdeka, Kecamatan Sukmajaya, Depok Timur Minggu (1/10).

DEPOK-Demi mengembangkan talenta dan potensi anak-anak warga Depok. Minggu (1/10), Walikota Depok Mohammad Idris meresmikan Taman Musik Kota Depok, di kawasan Taman Merdeka, Kecamatan Sukmajaya, Depok Timur.

Acara peresmian tersebut disambut meriah warga Depok khususnya warga kecamatan Sukmajaya. Selain itu, Taman Musik Kota Depok merupakan salah satu program Depok dalam menjadikannya sebagai kota ramah anak.

“Taman ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas anak-anak di Kota Depok. Sesuai dengan visi kota Depok yaitu unggul, ramah dan religius. Penanaman religius bisa ditanamkan melaui kreatifitas seni dan budaya,” ujar Idris kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Idris menambahkan, Taman Musik Kota Depok selain berfungsi sebagai media anak-anak warga Kota Depok. Bisa  juga meningkatkan potensi dan bakat mereka dalam bermusik dan berkesenian. “Taman ini juga bisa menjadi tempat wisata untuk para orang tua yang mengantar anaknya. Dengan adanya Taman Musik ini saya berharap masyarakat bisa melestarikan seni budaya yang ada,” tambah Idris.

Sementara itu, Taman yang dibina oleh seorang seniman dan pemilik sanggar seni bernama Kokotole menyebutkan, pelatihan yang diberikan di Taman Musik Kota Depok tidak memungut biaya. Ini disebabkan untuk meringkan beban orang tua yang ingin anak-anaknya yang berlatih seni.  Ia juga berpesan, agar menyarankan para orang tua untuk menyadari bakat anak sedari dini. Dan melalui pengenalan seni budaya merupakan salah satu cara untuk membangun karakter anak.

“Depok itu kota ramah anak, jadi kita harus membangun karakter anak dari musik, seni dan budaya. Dengan musik, seni dan budaya dapat memepersatukan anak-anak bangsa, selain itu seni dan budaya adalah cara untuk mengasah kelembutan dan perasaaan,” ungkap Kokotole.

Selain itu, acara peresmian Taman Musik Kota Depok juga dimeriahkan oleh berbagai pentas seni musik dan tari-tarian tradisional, yang dibawakan oleh anak-anak warga kota Depok. Kokotole juga berharap agar Taman Musik Kota Depok akan terus berjalan dalam meningkatkan kreatifitas anak bangsa dan Taman Musik Kota Depok bisa melibatkan seluruh para pelaku sanggar dan komunitas yang ada di kota Depok untuk melakukan aktifitas seni.

“Kita berkolaborasi dengan semua elemen baik itu pemerintah, komunitas, sanggar ataupun masyarakat untuk sama-sama menjaga nilai-nilai seni dan budaya,” tandasnya.(irw)