IST KARAKTER: Siswa SDN Tanah Baru 5 mengikuti kegiatan Perjusa yang diadakan di lingkungan sekolah.
IST KARAKTER: Siswa SDN Tanah Baru 5 mengikuti kegiatan Perjusa yang diadakan di lingkungan sekolah.

SDN Tanah Baru 5 memanfaatkan berbagai cara untuk membentuk karakter siswanya. Salah satunya dengan mengandalkan kegiatan-kegiatan pramuka.

LAPORAN: PEBRI MULYA

Sabtu (7/10), SDN yang berlokasi di Jalan R. Sanim, No.5, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji tersebut, mengadakan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa).

Kepala SDN Tanah  Baru 5, Minin mengatakan, dalam kegiatan yang diadakan di lingkungan sekolah tersebut, diikuti anggota pramuka tingkat penggalang atau pada tingkat kelas IV, V, dan VI. Jadi, kegiatan tersebut untuk menambah pengalaman anggota pramuka dengan kegiatan-kegiatannya.

“Kegiatan tersebut diikuti 217 siswa dari kelas IV, V, dan VI. Jadi, mereka mengindap di sekolah,” ucapnya kepada Radar Depok.

Minin menjelaskan, ada beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut, yakni keagamaan, keparamukaan, wide games dan beberapa permainan yang lainnya. Intinya adalah membentuk karakter siswa yang mandiri dan bisa bekerjassama dengan temannya. Karena, manusia adalah makhluk sosial yang akan berinteraksi dengan siapa saja.

“Kegiatan ini berlangsung berkat adanya kerjasama antara pembina, mabigus, komite, korlas dan orang tua siswa pada umumnya. Ada juga Pengurus Kwaran Kecamatan Beji yang datang dan memberikan materi,” kata Minin. (*)