Diresmikan Februari 2017, Memperbaiki Perekonomian Indonesia

In Metropolis
RICKY/RADAR DEPOK
PENGAWASAN : Inisiator dan pengawas KGN Cabang Depok 1, Rienova Serry Donie sedang mengecek kelengkapan stok di KGN bersapa pengurus, di Kecamatan Tapos.

Di Kota Depok, terdapat ratusan koperasi, baik yang aktif maupun yang tidak. Namun, kebanyakan lebih ke jenis Unit Jasa keuangan (UJK) simpan pinjam. Di Kecamatan Tapos, terdapat koperasi serba usaha yang dinamakan Koperasi Garudayaksa Nusantara (KGN).

Laporan : RICKY JULIANSYAH

 

Koperasi adalah salah satu instrumen penting dari ekonomi Pancasila yang diamanatkan oleh para pendiri bangsa dalam Pancasila sila ke:5 dan UUD’45 pasal 33 ayat 1.

“Perekonomian kerakyatan itu koperasi, pemiliknya semua orang, dari situ dibangun ekonomi kerakyatan agar masyarakat mandiri, menjadi tuan rumah di negeri sendiri, kuat ekonominya dan membantu masy sekitar. Selain gotong royong, khas ke Indonesiaannya ada dan sesuai dengan karakter bangsa kita,” kata Inisiator dan pengawas KGN Cabang Depok 1, Rienova Serry Donie.

Namun, dalam faktanya tidak mudah untuk menghidupkan dan menggerakan koperasi sebagai instrumen kerakyatan, tapi karena sistim kapitalis yang begitu kencang, menjanjikan, dan menggiurkan, maka tidaklah mudah untuk menghidupkan koperasi.

Di Kota sejuta belimbing sendiri, muncul satu koperasi yang diinisiasi salah satuu anggota DPRD Kota Depok, Rienova Serry Donie sebagai mana sudah diprogramkan dari pengurus pusat. Namanya, Koperasi Garudayaksa Nusantara Cabang Depok 1, atau biasa disingkat KGN Cabang Depok 1.

Rienova mengatakan, latar belakang pendirian KGN adalah kerisauan yang dirasakan oleh Prabowo Subianto beserta Pemimpin Muda Lainnya melihat kondisi perekonomian Indonesia saat ini.

“Dalam teori perang Tsun Zhu disebutkan “siapa yang menguasai logistic, akan memenangkan peperangan”,” tutur Rienova.

KGN adalah titik-titik logistic bagi kader Gerindra ataupun masyarakat untuk berperang. Perang di bidang politik, perang melawan serbuan produk asing, perang membentengi produk dalam negeri.

Misi ideologinya, yaitu menggali kembali jati diri Bangsa Indonesia yaitu tolong-menolong dan gotong-royong. Misi ekonomi yaitu meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan berkembangnya sektor ekonomi produktif serta meningkatkan nilai tambah sumber daya Indonesia.Misi budaya yaitu berkembangnya jiwa entrepreneur dan gemar menabung.

“Kalau anggota koperasi itu tidak hanya orang susah, tapi orang kaya juga, pada akhirnya berbagai usaha. Ini juga sebagai bukti nyata Gerindra konsen ekonomi terhadap kerakyatan melalui koperasi,” terang Rienova.

KGN Cabang Depok 1 yang berlokasi di Kecamatan Tapos ini berdiri Desember 2016 lalu, tetapi baru diresmikan pada Februari 2017 lalu.

Sedangkan jenis koperasinya yakni, koperasi serba usaha yang meliputi, simpan pinjam, Jasa retail sembako dengan pembinaan warung dan jasa kuliner.

Kendati demikian, Rienova mengungkapkan, KGN masih baru dan ingin terus berkembang, seiring berjalannya waktu.

“Kami untuk kantor saja, masih ada donatur yang meminjamkan, perlahan dulu,” papar Rienova.

Sebagaimana yang dituturkan Ketua Umum KGN Marwah Daud Ibrahim, Rienova mengatakan,  tujuan utama pembentukan koperasi Partai Gerindra di Indonesia adalah, membantu ekonomi masyarakat.

“Negeri ini, bukan hanya Gerindra yang butuh Koperasi. Tapi masyarakat di seluruh pelosok tanah air sangat-sangat membutuhkan Koperasi. Oleh karena itu, Koperasi bentukan Partai Gerindra yang direncanakan akan mulai tahun ini, akan dimanfaatkan untuk membantu masyarakat diseluruh tanah air, yang kita mulai dari partai,” ucap Rienova. (Bersambung)

You may also read!

Simulasi pilkada polda metro jaya

Ratusan Personel Kepolisian Disiagakan untuk Pilkada Depok

PANTAU : Karoops Polda Metro Jaya, Kombes Marsudianto, usai memantau kegiatan simulasi Pilkada di Alun-alun

Read More...
menara air sukmajaya diruntuhkan

Ini Alasan PDAM Tirta Asata Rubuhkan Menara Air Sukmajaya

IKON : Menara air PDAM Tirta Asasta di Jalan Kejayaan, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya akan

Read More...
perjalanan KRL ditambah

Ini Syarat Karyawan Saat Pembatasan Aktifitas Masyarakat di Malam Hari

PADAT : Suasana perjalanan kereta di Stasiun Citayam, Kota Depok. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK   RADARDEPOK.COM, DEPOK

Read More...

Mobile Sliding Menu