RAMA SAKTI/RADAR DEPOK PUNYA NILAI SEJARAH: Satgas Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR tengah memperbaiki jembatan gantung yang menghubungkan wilayah Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya, dengan Kelurahan Depok, Pancoranmas.
RAMA SAKTI/RADAR DEPOK
PUNYA NILAI SEJARAH: Satgas Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR tengah memperbaiki jembatan gantung yang menghubungkan wilayah Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya, dengan Kelurahan Depok, Pancoranmas.

TIRTAJAYA,DEPOK – Sejak dua hari silam, Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (Jajem) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok mulai melakukan pemeliharaan jembatan gantung di atas Sungai Ciliwung.

Jembatan penghubung antara wilayah Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya, dengan Kelurahan Depok, Pancoranmas, memiliki nilai sejarah. Khususnya bagi warga Tirtajaya.

“Jembatan ini dibangun penuh susah payah. Bagi orangtua zaman dulu, (jembatan gantung) memiliki nilai sejarah tersendiri. Ketika hendak berdagang, masyarakat lewat jembatan ini,” kata Ketua LPM Tirtajaya, Iriansyah.

Iriansyah tahu betul perjuangan masyarakat ketika membangun jembatan tersebut. Karena dia merupakan salah seorang anak dari tokoh masyarakat Kampung Serab, Tirtajaya.

“Tahun 70-an jembatan ini mulai dibangun. Menggunakan kayu seadanya. Kemudian tahun 80-an dipugar oleh TNI bersama warga dengan besi. Akhirnya sampai sekarang,” katanya.

Melalui perbaikan yang dilakukan Pemkot Depok, Iriansyah ingin jembatan tersebut tetap ada sampai kapanpun.

“Makanya kita usulkan ke (Bidang) Jajem supaya dilakukan pemeliharaan. Terutama pada bagian kaki dan sellingnya. Khawatir kalau nggak dibetulin rusaknya semakin parah dan biaya yang dikeluarkan pemerintah juga besar,” katanya.

Perbaikan jembatan yang sedang berjalan berupa pengecatan, pelumasan selling dan penurapan pada kaki jembatan yang tergerus air.

“Biar jembatan ini tetap kuat dan kokoh harus ada pemeliharaan secara berkala. Terakhir kali diperbaiki tahun 2014, anggarannya sekitar Rp500 juta dari APBD Depok,” kata Iriansyah. (ram)