Febrina/Radar Depok KALI JANTUNG TERTUTUP BEBATUAN: Turap Kali Jantung di Perumahan Griya Bukit Perdana RW20, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, mengalami longsor pada Minggu (1/10) sore.
Febrina/Radar Depok KALI JANTUNG TERTUTUP BEBATUAN: Turap Kali Jantung di Perumahan Griya Bukit Perdana RW20, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, mengalami longsor pada Minggu (1/10) sore.

SUKMAJAYA,DEPOK – Minggu (1/10) pukul 16:00 turap Kali Jantung jebol, dan mengakibatkan air tumpah ke wilayah RW22, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya.

Tingginya curah hujan dan angin kencang menyebabkan bagian belakang rumah milik Yakobus di RW20 Perumahan Griya Bukit Perdana ikut longsor. Material longsor menutup aliran Kali Jantung dan air tumpah ke jalan sehingga membuat Perumahan Mekar Perdana kebanjiran.

“Beberapa rumah di Griya Bukit Perdana melanggar Garis Sempadan Sungai (GSS) sehingga memang sebenarnya tidak layak ada rumah di dekat kali,” kata Ketua RT08/22, Miwan Anugrah kepada Radar Depok.

Kejadian tersebut langsung direspon cepat oleh Tim Tagana Kota Depok, Satgas Dinas PUPR menggunakan alat berat untuk membendung luapan air dan akan memperbaiki turap yang jebol.

Camat Sukmajaya, Lurah Abadijaya, Ketua LPM Abadijaya, Ketua RT dan RW telah menyambangi lokasi guna menginformasikan lebih lanjut untuk segera dibantu ke dinas terkait.

“Alhamdulillah pagi ini (kemarin, red) sudah ditangani Satgas PUPR, juga ditinjau langsung oleh anggota DPRD Kota Depok, Endah Winarti,” kata Miwan.

Ketua LPM Kelurahan Abadijaya, Antoni Sarumaha mengatakan, tanggul kali yang hancur membuat puing menutup badan kali. Akhirnya air kali meluap ke jalan dan masuk ke dalam rumah warga Perum Mekar Perdana RT02/22.

Sebelum dilebarkan, dikeruk dan dinormalisasi, Kali Jantung memang sering meluap. Karena itu dibuat dinding antara perumahan dengan Kali Jantung, namun karena tidak kuat menahan derasnya air maka dinding jebol, dan menyebabkan rumah milik Yacobus yang berdiri di atasnya ikut longsor.

“Kalau yang longsor itu rumah di atas yaitu Perumahan Bukit Griya Perdana, yang banjir di bawahnya yaitu Perumahan Mekar Perdana,” kata Antoni. (ina)