RICKY/RADAR DEPOK SOSIALISASI: Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat, Aang Ferdhiman didampingi Komisioner KPUD Depok saat Bimtek tata cara pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu tahun 2019 di Hotel Bumi Wiyata Jalan Margonda Raya, Kecamatan Beji, Senin (2/10).
RICKY/RADAR DEPOK
SOSIALISASI: Komisioner KPU Provinsi Jawa Barat, Aang Ferdhiman didampingi Komisioner KPUD Depok saat Bimtek tata cara pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilu tahun 2019 di Hotel Bumi Wiyata Jalan Margonda Raya, Kecamatan Beji, Senin (2/10).

DEPOK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tata cara pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik (parpol) peserta pemilu tahun 2019, di Hotel Bumi Wiyata Jalan Margonda Raya, Kecamatan Beji, Senin (2/10).

Komisioner KPU Jawa Barat, Aang Ferdhiman mengatakan, dirinya hadir ke bimtek untuk menjelaskan beberapa mekanisme terkait tahapan Pemilu 2019.

“Salah satunya adalah Peraturan KPU No 11 Tahun 2017 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan peserta pemilu 2019,” Aang saat diwawancara Radar Depok, usai kegiatan.

Ia menguraikan, untuk tata cara pendaftaran. Pertama, parpol mendaftar di KPU, kemudian menggunakan alat bantu aplikasi yang dinamakan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Setelah itu di provinsi dan kabupaten/kota dilakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

“Setelah itu kami buat berita acara, masa perbaikan, setelah itu kami laporkan apakah memenuhi syarat atau tidak sesuai tingkatannya,” urai Aang.

Persyaratannya, lanjut dia, pada substansinya ada tiga, yakni di KPU pusat persyaratannya lengkap, mulai dari administrasi, profil kepengurusan, keanggotaan dan domisili partai. Sedangkan di daerah pun sama, yang dilakukan verifikasi adalah anggota per 1.000 dari wilayah masing-masing, kepengurusan.

“Kepengurusan itu yang dicek, kejelasan orangnya, dan jumlah keterwakilan perempuan. Kalau keanggotaan di Depok sekitar 1.800-an,” terangnya.

Kemudian, terakhir adalah lokasi kantor harus jelas di mana lokasinya, jangan sampai beralamat tapi saat ke lokasi tidak ada kantornya sama sekali.

“Kan bingung kalau alamatnya tidak jelas. Untuk tahapan pendaftaran di tingkat kota dan kabupaten akan dimulai pada 3 sampai 16 Oktober 2017 sedangkan untuk penyampaian hasil administrasi sendiri akan berlangsung pada 16-17 November 2017,” harapnya.

Ketua KPU Kota Depok, Titik Nurhayati mengatakan, bimtek bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada partai politik tentang tata cara pendaftaran dan verifikasi partai politik calon peserta pemilu 2019.

Dalam kegiatan tersebut juga turut disampaikan mengenai Sipol kepada para perwakilan Parpol di Depok.

“Pada kesempatan ini kita jelaskan bagaimana persyaratan dan proses mendaftar serta proses verifikasi administrasi dan faktual,” kata Titik. (cky)