Lima Kasus Mahasiswa UI Hilang Sebelum Vivi

In Utama

DEPOK – Nama Universitas Indonesia (UI) kembali menjadi perbincangan. Kali ini bukan karena prestasi akademiknya, melainkan adanya mahasiswi perguruan tinggi negeri (PTN) itu hilang dari peredaran.

Lutviah Sari alias Vivi mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), tak lagi terlihat di kampusnya sejak 2 Oktober 2017. Kasus ini sudah dilaporkan ke kepolisian.

“Masih penyelidikan dan bertanya pada sejumlah teman-temannya,” tegas Kasubag Humas Polresta Depok AKP Sutrisno, Kamis (26/10).

Sebetulnya kasus mahasiswa menghilang bukan kali pertama terjadi di UI. Catatan sejak 2010 sedikitnya ada enam kasus mencuat dan terlapor sampai ke meja kepolisian.

Meskipun akhirnya ditemukan, latar belakang mahasiswa menghilang bermacam-macam. Dari mulai dugaan ikut aliran sesat, masalah keuangan, kriminalitas, hingga dugaan pergi dengan kekasihnya.

Pertama, Karisma Saviri (2010). Seorang mahasiswa baru saat itu dilaporkan hilang. Namanya Karisma Saviri (20). Polisi juga dilibatkan untuk mencari tahu keberadaan mahasiswa jurusan Biologi FMIPA tersebut. Karisma hilang saat kampus sedang menggelar Ujian Akhir Semester (UAS). Namum kasus ini selesai dan akhirnya Karisma ditemukan.

Kedua, Al Habib Pratama (2015). Pihak rektorat Universitas Indonesia (UI) memastikan mahasiswa jurusan Matematika 2011, Al Habib Pratama (Habib), sudah kembali pulang. Sebelumnya Habib dikabarkan hilang telah meninggalkan kosnya di daerah Kukusan Teknik (Kutek) hari Selasa 1 Desember 2015 sekitar pukul 17.00 WIB.

Ketiga, Safira Permatasari (2015). Seorang mahasiswi dikabarkan hilang yakni mahasiswi Fakultas Teknik Angkatan 2014, Safira Permatasari. Mahasiswi ini dikabarkan hilang di Lenteng Agung, Jakarta dan diduga diculik. Namun kasus ini juga akhirnya selesai.

Keempat, Danny Ashri Fajar (2015). Danny Ashri Fajar, mahasiswa Sastra Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) angkatan 2012 dikabarkan hilang. Danny diduga hilang sejak tanggal 14 Januari 2015 dan tak terlihat di Apartemen Margonda Residence, Depok.

Kelima, Nadil Muhammad Dzakir (2016). Nadil Muhammad Dzakir (20), mahasiswa semester 1 Jurusan Ilmu Fisika Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat juga dikabarkan menghilang. Nadil dikenal sebagai anak yang pintar dengan sejumlah prestasi yang dimilikinya. Namun Nadil akhirnya pulang ke rumahnya di Bekasi dalam kondisi lusuh pada Senin 25 Januari, sekitar pukul 04.00 WIB.

Sementara itu, Satreskrim Polresta Depok terus menelusuri hilangnya Vivi. “Kami sedang melakukan penyelidikan dengan melakukan penyisiran dan pengecekan ke kampus dan tempat kos Vivi guna mengumpulkan petunjuk, bahan informasi, dan keterangan,” ujar Kasat Reskrim Polresta Depok Kompol Putu Kholis Aryana di Mapolresta Depok, Kamis (26/10).

Vivi yang merupakan mahasiswi UI Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) angkatan 2016 itu dikabarkan hilang secara misterius sejak 2 Oktober 2017. “Tindakan selanjutnya, kami akan melakukan pemanggilan saksi-saksi. Informasi yang berhasil didapatkan sebagai bahan penyelidikan, Vivi diketahui sudah tidak kuliah sejak akhir September 2017,” ungkap Putu.

Putu menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi, Suyitno, yang merupakan pengurus Asrama Putri UI, Vivi pernah tinggal di asrama kamar No C250 sejak Juli 2016 dan berakhir pada Juli 2017. “Vivi ternyata mempunyai tunggakan uang sewa asrama pada Desember 2016 hingga Juli 2017. Sewa asrama per bulannya sebesar Rp 300,” jelas dia.

Setelah itu, saksi Suyitno mengatakan, tidak ada kabar lagi hingga Vivi pergi keluar asrama. Kini, kamar yang digunakan Vivi sudah diisi oleh mahasiswa lain. “Hasil penelusuran penyidik di kampus FKM, menurut pegawai bagian kemahasiswaan Ninis bahwa korban merupakan mahasiswi yang aktif di BEM sebagai bendahara P&K,” kata Putu. (ika/ce1/JPC)

You may also read!

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar

Hanura Depok Mantap Dukung Pradi-Afifah

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Satu lagi partai non parlemen

Read More...
walikota depok pakai masker CFD

Pisah Ranjang dengan Istri, Selamatkan Walikota Depok dari Covid-19

Walikota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Berkaitan dengan Elly Farida yang terpapar virus Korona (Covid-19),

Read More...
alfamidi SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Gulirkan Alfamidi Class

LULUSAN TERBAIK : Siswa-siswa SMK Putra Bangsa yang menjadi calon peserta Program Alfamidi Class berfoto

Read More...

Mobile Sliding Menu