Panwascam Ditatar Selama Tiga Hari

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
PEMANTAPAN: Narasumber sedang memberikan materi untuk anggota Panwascam dalam Bimtek yang dilaksanakan di Wisma Hijau Kelurahan Mekarsari, Cimanggis, kemarin.

DEPOK – Setelah dilantik, 33 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Depok langsung mengikuti bimbingan teknik (bimtek) selama tiga hari, mulai 25-27 Oktober 2017, di Wisma Hijau Kelurahan Mekarsari, Cimanggis.

“Ini untuk memantapkan persiapan pelaksanaan tugas dalam mengawasi proses demokrasi di Kota Depok, memang sudah dijadwalkan Bawaslu,. Hari ini terakhir dan Alhamdulillah telah rampung,” kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok, Dede Selamet Permana kepada Radar Depok, Jumat (27/10).

Narasumbernya, lanjut Dede, berasal dari Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar, Kasubag Hukum Bawaslu Jabar, ketua dan anggota, serta kepala Sekretariat Panwaslu Kota Depok. “Masing-masing memberikan materi sesuai Tupoksinya,” paparnya.

Kata Dede, 10 modul mulai dari ke-Bawaslu-an, teknis pengawasan, sampai dengan penanganan pelanggaran dijabarkan satu persatu, dimana tiap modul ada tes, praktikum dan diskusi kelompok.

“Jadi dalam Bimtek ini tidak hanya mendengarkan narsum saja, tapi sampai ada diskusi kelompok, agar Bimtek ini benar-benar mengena, memperkaya pemahaman dan pengetahuan anggota Panwas terkait Tupoksi mereka,” terang Dede.

Ia mewakili komisioner di Panwaslu Kota berharap, setelah di-bimtek anggota Panwas dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan lebih baik. “Karena mereka telah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan teknis,” ucap Dede.

Ia menambahkan, saat pelantikan kemarin pun, seluruh anggota menandatangani fakta integritas untuk berlaku profesional dan jujur dalam mengemban amanah sebagai anggota Panwascam.

Namun, ia bersama seluruh komisioner Panwaslu Kota Depok, percaya bahwa setelah melalui tahapan seleksi hingga Bimtek, anggota Panwascam berkerja sesuai koridornya sebagaimana diamanahkan dalam undang-undang.

“Intinya kami percaya penuh kepada mereka. Tapi, kami pun tidak segan untuk memberikan sanksi ketika ada penyimpangan,” pungkas Dede.

Sementara, salah satu Panwascam Cimanggis, Hairul Anwar mengucapkan terima kasih atas dipilihnya dia menjadi Panwas hingga bisa berpartisipasi dalam mensukseskan jalannya pesta demokrasi di Kota Depok.

“Insya Allah amanah yang diberikan akan dijaga dengan baik, kami pun akan bekerja maksimal dan terus berkoordinasi dengan Panwaslu Kota, juga bersinergi dengan PPK serta KPU,” ucap Hairul. (cky)

You may also read!

doa bersama SMP yappa

SMP Yappa Doa Bersama agar Covid-19 Segera Berakhir

KEAGAMAAN : SMP Yappa mengadakan kegiatan doa bersama dengan cara live streaming, agar pandemi virus

Read More...
IBH minta saran dari satgas

Imam Kepoin Satgas Covid-19 Pusat

SILATURAHMI : Bakal calon wakil walikota dari Koalisi TAS, Imam Budi Hartono menyambangi Sekretariat Tim

Read More...
bawaslu lulik ngomong

24 September Spanduk Paslon Pilkada Depok Dibredel

DISKUSI : Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini dalam agenda Wartawan DMC Bincang Siang Bersama

Read More...

Mobile Sliding Menu