KUAT: Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna (kanan) ketika bersama Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, dalam sebuah acara di Jakarta, belum lama ini. 
KUAT: Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna (kanan) ketika bersama Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, dalam sebuah acara di Jakarta, belum lama ini.

DEPOK Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna tak ingin ketinggalan memberi atensi HUT ke-72 TNI. Ia berharap agar seluruh prajurit TNI makin jaya, dan tentunya semakin mampu menjaga keutuhan NKRI.

“Selamat ulang tahun ke-72 kepada TNI. Semoga makin jaya. TNI itu selalu bersama rakyat,” ungkapnya kepada Radar Depok, di Balaikota Depok, kemarin.

Di Depok, kata dia, hubungan dengan TNI, dalam hal ini Kodim 0508/Depok selalu berjalan harmonis. Sinergitas tiga pilar: Pemerintah, TNI, Polri, makin kuat. Semata-mata ingin memberi pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Ketua DPC Partai Gerindra ini menambahkan, bicara soal TNI, tentu akan mengembalikan memorinya ke masa lalu. Karena TNI adalah bagian dari hidupnya. Diketahui saat muda, Pradi pernah menjalani pendidikan sebagai prajurit TNI.

“Sekarang menjadi Wakil Walikota Depok. Ya intinya sama-sama berjuang demi masyarakat banyak saja,” tandasnya.

Adapun tema hari ulang tahun TNI adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat”. Menurut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, alasan pemilihan tema itu karena kemerdekaan direbut oleh tangan rakyat. “Sejarah telah membuktikan bahwa yang merebut kemerdekaan ini adalah rakyat belum ada TNI,” ujarnya.

Panglima menyatakan, TNI dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak pernah berjuang sendiri, tetapi juga dengan jerih payah rakyat Indonesia.

“Kemudian perjuangan memelihara kemerdekaan tidak pernah TNI berjuang sendiri, selalu bersama-sama dengan rakyat,” tuturnya.

Oleh sebab itu, dia memilih tema HUT ke- 72 TNI  “Bersama Rakyat TNI Kuat”. Bahkan, kata dia lagi, TNI telah terbukti selama 72 tahun melaksanakan tugasnya untuk kepentingan Indonesia dan rakyat.

“Terbukti selama 72 tahun, TNI mampu melaksanakan tugasnya demi segenap tumpah darah persatuan dan kesatuan itu berama-sama dengan rakyat,” sebutnya.

Sementara itu, terkait kembali dipilihnya Banten sebagai lokasi HUT TNI, Gatot menerangkan bahwa Pelabuhan Indah Kiat di Merak, Kota Cilegon dinilai sebagai lokasi yang cocok untuk melakukan parade dari tiga materai, baik itu darat, udara maupun laut.

“Tidak ada tempat lain, dari segi keamanan, di sini yang cocok,” tuntasnya. (jun/fajar/JPG)