RBBT Peringati Bulan Bahasa

In Metropolis
ADE/RADAR DEPOK
CERIA: Puluhan anak mengikuti lomba mewarnai dalam rangka memperingati Bulan Bahasa yang diselenggarakan Relawan Baca Buku di Taman (RBBT), di Taman Lembah Mawar.

DEPOK – Sebagai pioner gerakan literasi di Kota Depok, Relawan Baca Buku di Taman (RBBT) terus menggalakkan semangat membaca di Kota Depok. Salah satunya melalui peringatan Bulan Bahasa.

Bulan Bahasa yang selalu diperingati setiap bulan Oktober, digelar berbagai lomba, mulai dari mewarnai, menggambar, tebak peribahasa, dan musikalisasi puisi yang dilaksanakan di Taman Lembah Mawar, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas.

“Selain memperingati Bulan Bahasa, kami juga mengenalkan Pustaka Lembah Mawar yang sudah mulai operasional sejak 3 September kepada masyarakat luas,” kata penggagas RBBT, Wahidah kepada Radar Depok.

Wahidah melanjutkan, banyak masyarakat yang belum mengetahui Bulan Bahasa. RBBT ingin generasi muda lebih memahami adanya Bulan Bahasa, dan berpartisipasi mengisi dengan kegiatan positif dengan harapan makin cinta dengan bahasa Indonesia.

“Kita ingat bahwa setiap 28 Oktober, bangsa ini memperingati Hari Sumpah Pemuda yang salah satunya dulu adalah hasil dari inspirasi bahwa pemuda Indonesia harus mempunyai alat pemersatu bangsa, salah satunya adalah bahasa,” katanya.

Persoalan literasi di Indonesia memang masih menjadi perhatian. Berdasarkan data statistik dari Kemendikbud pada 2015, angka buta huruf di Indonesia mencapai 5.984.075 jiwa.

Artinya, masih ada sekitar dua persen lebih masyarakat Indonesia dari total keseluruhan masyarakat yang belum membudayakan membaca.

Melalui kegiatan yang diadakan, Wahidah mengajak anak-anak dan para orangtua di Kota Depok, agar lebih peduli dengan masalah literasi.

“Harapannya mereka mulai tertarik untuk terlibat dalam kegiatan literasi. Termasuk kegiatan literasi di Taman Lembah Mawar,” katanya. (ade)

You may also read!

Simulasi pilkada polda metro jaya

Ratusan Personel Kepolisian Disiagakan untuk Pilkada Depok

PANTAU : Karoops Polda Metro Jaya, Kombes Marsudianto, usai memantau kegiatan simulasi Pilkada di Alun-alun

Read More...
menara air sukmajaya diruntuhkan

Ini Alasan PDAM Tirta Asata Rubuhkan Menara Air Sukmajaya

IKON : Menara air PDAM Tirta Asasta di Jalan Kejayaan, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya akan

Read More...
perjalanan KRL ditambah

Ini Syarat Karyawan Saat Pembatasan Aktifitas Masyarakat di Malam Hari

PADAT : Suasana perjalanan kereta di Stasiun Citayam, Kota Depok. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK   RADARDEPOK.COM, DEPOK

Read More...

Mobile Sliding Menu