IST Pelaku Penggelapan Motor, Muhamad Andi
IST
Pelaku Penggelapan Motor, Muhamad Andi

CINERE,DEPOK – Muhamad Andi warga Jalan Tiga Putra Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo harus berurusan dengan hukum. Kemarin, pria yang kesehariannya bekerja sebagai buruh tersebut, tertangkap lantaran telah menggelapkan motor milik Edy Wahyudi di Jalan Jatiraya Barat Kelurahan Pangkalanjati, Cinere.

Mulanya kejadian itu terjadi, ketika warga Meruyung tersebut  sedang main ke rumah rekannya, dipergoki Edy Wahyudi, korban penipuan. Sudah membawa lari sepeda motor milik Edy, yang juga rekannya, dan tidak dikembalikan dalam sebulan belakangan.

Saat dipergoki Edy, Andi sempat mencoba kabur. Beruntung teriakan Edy direspon warga lain yang langsung mengepung Andi. Andi sempat dihajar warga sebelum akhirnya diamankan petugas Polsek Limo, Depok.

Kasubag Humas Polresta Depok, AKP Sutrisno menyebutkan, pelaku mengalami luka sobek di pelipis kiri karena dihajar massa. Menurutnya saat kejadian pelaku diteriaki maling oleh korban.

“Sehingga warga geram dan menghajarnya hingga luka di pelipis kiri,” kata Sutrisno kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Ia mengatakan petugas Polsek Limo yang berpatroli dan mengetahui kejadian itu dengan cepat mengamankan pelaku dan langsung digelandang ke Polsek Limo.

“Modus pelaku adalah dengan meminjam motor rekan yang baru dikenalnya, namun dibawa kabur dan tak kembali,”bebernya.

Dari pengakuannya, pelaku yang merupakan ayah satu anak itu sudah tiga kali melakukan aksi tersebut. “Saat pelaku main ke rumah rekan lainnya, salah seorang korban memergoki keberadaan pelaku yang langsung diteriaki maling,” ujarnya.

Setiap motor hasil penipuan dijual Andi ke bengkel di Kalisari, Jakarta Timur seharga antara Rp 2 Juta ampai Rp 3 juta.

“Akibat perbuatannya pelaku dijerat Pasal 378 KUHP tentang penipuan dan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tandasnya.(cr1)