Beranda Metropolis 135 Warga Ketangkep Buser

135 Warga Ketangkep Buser

0
135 Warga Ketangkep Buser
IRWAN/RADAR DEPOK PANTAU :  Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok Kusumo menunjuk sampah yang berada di Jalan Raya Bogor, kemarin.
IRWAN/RADAR DEPOK
PANTAU :  Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok Kusumo menunjuk sampah yang berada di Jalan Raya Bogor, kemarin.

DEPOK-Tim Buru Sergap (Buser) Pembuang Sampah Liar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, berhasil mengamankan sebanyak 135 orang pembuang sampah liar selama Oktober. Dari jumlah tersebut, 70 persen warga luar Depok yang sengaja buang sampah di kota ini.

“Sepanjang Oktober, sudah ada sebanyak 135 orang yang kami amankan karena membuang sampah sembarangan,” kata Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok Kusumo, kepada Radar Depok, kemarin.

Mereka yang terjaring, kata dia, langsung diserahkan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), untuk didaftarkan di pengadilan dan mengikuti sidang tindak pidana ringan (tipiring). Jumlah pelanggar yang membuang sampah selama Oktober ini 70 persen orang luar dan 30 persen dari 135 warga. “Tim Buser Sampah DLHK Depok cukup efektif dalam mendisiplinkan pembuang sampah. 95 warga luar Depok, 40 warga Depok,” jelasnya.

Lokasi yang sering ditemui pembuang sampah liar  di Jalan Margonda, Juanda, Jalan Tapos, Jalan Raya Bogor, underpass, dan jalan utama lainnya. Dari 70 persen warga luar Depok, jelasnya, mereka terjaring  sekalian melintas wilayah Depok. ”Warga Bogor, Ciputat, Tangerang, Bekasi, dan wilayah lainnya. Setelah diinterogasi, memang ada unsur kesengajaan,” ungkap Kusumo.

 

Ia menambahkan,  Tim Buser selama ini bergerak di daerah rawan pembuangan sampah liar. Terutama sepanjang jalur perbatasan dengan bergerak pada 02.00  hingga 03.00 WIB. Itu merupakan jam-jam rawan pembuang sampah liar beraksi. “Kegiatan ini dilakukan untuk mewujudkan Depok sebagai kota yang bersih dari sampah sesuai target Zero Waste City yang telah dicanangkan,” ulasnya.

Lalu untuk para anggota Tim Buser ini, ada 100 orang yang bertugas. Tentunya, dilakukan aksi ini guna membuat jera bagi para pembuang sampah liar di jalan-jalan Depok.” Melalui aksi ini diharapkan bisa memberikan efek jera kepada para pembuang sampah liar,” jelas Kusumo.(irw)