Beranda Politika 14 Prioritas Pembangunan di 2018

14 Prioritas Pembangunan di 2018

0
14 Prioritas Pembangunan di 2018
RICKY/RADAR DEPOK PARIPURNA: Suasana saat Rapat Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Nota Keuangan RAPBD Kota Depok Tahun Anggaran 2018 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Depok, Jalan Boulevard Kelurahan Kalimulya, Cilodong, kemarin.
RICKY/RADAR DEPOK PARIPURNA: Suasana saat Rapat Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Nota Keuangan RAPBD Kota Depok Tahun Anggaran 2018 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Depok, Jalan Boulevard Kelurahan Kalimulya, Cilodong, kemarin.

DEPOK – Ada sebanyak 14 program prioritas yang diusulkan dalam Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Nota Keuangan RAPBD Kota Depok Tahun Anggaran 2018 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Depok, Rabu (8/11).

Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna  saat menyampaikan nota keuangan APBD dan Raperda Kota Depok tentang APBD TA 2018.

Selaras dengan tema rencana kerja pemerintah dan tema pembangunan provinsi Jabar tahun 2018, maka kebijakan pembangunan Kota Depok tahun 2018 adalah penguatan infrastruktur untuk menunjang pertumbuhan ekonomi Kota Depok.

Sebagai penjabaran tema tersebut, maka prioritas pembangunan prioritas Kota Depok tahun 2018 adalah pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan agar terwujud Kota Depok yang bersih, sehat, asrii dan harmonis.

“Kondisi tersebut dapat dicapai melalui sinergi pembangunan antar perangkat daerah dan kepastian lokasi pembangunan,” terangnya.

Sedangkan, pengembangan ekonomi untuk mendorong peningkatan kontribusi sekunder dan tersier dalam menciptakan iklim usaha yang positif, membangun citra dan identitas kota dan pengembangan inovasi dan kreatifitas yang merupakan keunggulan dalam posisi yang mampu memberikan nilai tambah serta peningkatan pendapatan masyarakat dalam mengurangi ketimpangan pendapatan.

“Kota Depok harus siap menangkap berbagai peluang dan mengantisipasi terjadiinya inflasi yang tinggi akibat kenaikan harga komuditas,” paparnya.

Dari sisi internal Kota Depok sendiri, pembangunan infrastruktur jalan tol, hotel dan hunian tersusun yang dilakukan investor, serta politik yang kondusif sehingga mendorong perekonomian ke arah positif.

“Diharapkan mampu menciptakan peningkatan perekonomian Kota Depok tahun 2018,” ujarnya.

Berdasarkan proyeksi pendapatan dan penerimaan pembiayaan daerah APBD 2018 ini akan digunakan untuk membiayai 14 prioritas pembangunan sebagaimana diamanatkan dalam RPJMD Kota Depok tahun 2016-2021, yaitu, peningkatan infrastruktur layanan dasar pemukiman, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, peningkatan kapasitas usaha mikro kecil dan menengah serta daya saing umkm, optimalsasi pengelolaan SDA.

“Kemudian, meningkatkan daya dukung dan daya tampung lingkungan serta pengurangan pencemaran air, pengembangan kepariwisataan,” urainya.

Selain itu, peningkatan daya saing ekonomi kreatif, pengurangan kawasan kumuh dan penataan kawasan heritage, peningkatan kualitas ketahanan keluarga, oprimalisasi peran RW dan posyand, pemerataan dalam pembangunan berbasis kewilayahan.

Penanganan kemiskinan dan peningkatan lapangan pekerjaan, peningkatan perluasan akses layanan kesehatan, peningkatan layanan publik dan kualitas pemerintah.

“Terakhir adalah prioritas peningkatan kemudahan akses membaca bagi masyarakat,” tandasnya. (cky)