Beranda Metropolis 140 PMKS Terjaring

140 PMKS Terjaring

0
140 PMKS Terjaring
IST DIBINA: PMKS yang tertangkap Satpol PP dan Dinas Sosial diamankan dan diberikan pembinaan.
IST
DIBINA: PMKS yang tertangkap Satpol PP dan Dinas Sosial diamankan dan diberikan pembinaan.

DEPOK – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok mencatat, sepanjang 2017 sebanyak 140 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) telah ditangkap dan diberikan pembinaan.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Depok, Devi Maryori mengatakan, PMKS yang tertangkap dari berbagai titik dan wilayah Kota Depok.

Mereka terdiri dari pengamen, anak jalanan, gelandangan, pengemis, serta orang dengan gangguan jiwa.

PMKS yang tertangkap kemudian dibina dan direhabilitasi ke panti rehabilitasi milik Kementerian Sosial di Cipayung, Jakarta Timur.

“Tapi tidak di sana semuanya ditampung. Ada juga yang dikembalikan ke asalnya,” kata Devi.

Bagi PMKS yang dikembalikan ke keluarganya harus membuat surat pernyataan terlebih dulu, agar tidak mengulangi perbuatannya.

“Ada pula yang kami pulangkan ke daerah asal. Bagi yang menderita gangguan jiwa kita rehabilitasi ke rumah sakit jiwa,” sambungnya.

PMKS yang tertangkap operasi seperti di Jalan Margonda Raya, Jalan Siliwangi, Jalan Nusantara Raya, Jalan Dewi Sartika, Jalan Juanda, dan Jalan Raya Bogor.

Titik tersebut memang rawan PMKS. Namun, tegas dia, tidak semua PMKS yang terjaring adalah warga Kota Depok.

“Ada pula warga Bogor, warga Sukabumi, juga warga Jakarta, atau Tasikmalaya, Cilacap dan daerah lain. Kami akan rutin melakukan razia PMKS bersama Satpol PP, untuk mempertahankan dan mewujudkan Depok sebagai Kota Layak Anak dan bebas PMKS,” tutup Devi. (irw)