15 Dilatih Kemapuan KSR 

In Metropolis

 

ADE/RADAR DEPOK MATERI : Para peserta Korps Sukarelawan (KSR) sedang menyimak materi yang diberikan di Aula PMI Kota Depok.

DEPOK – Sebanyak 15 orang mengikuti Pelatihan Korps Sukarelawan (KSR) Angkatan Ke-V Tahun 2017, kemarin. Pelatihan tersebut meliputi tata cara pertolongan pertama pada bencana alam, pelayanan PMI dan kepemimpinan.

Ketua PMI Kota Depok, Dudi Miraz mengatakan, kegiatan tersebut adalah pelatihan rekruitmen relawan PMI Kota Depok, yang direkrut sebagai relawan-relawan itu dari beberapa kecamatan se-Kota Depok.

Lebih lanjut Dudi mengungkapkan, pelatihan yang diberikan kepada para peserta ini dengan materi  selama 120 jam untuk mereka menjadi KSR PMI Kota Depok. Oleh karena itu KSR disiapkan untuk membantu pada saat terjadi bencana baik di Kota Depok, maupun di daerah lain harus menjadi relawan-relawan yang bisa diterjunkan ke lapangan.

“Mereka  kita siapkan untuk membantu ketika ada bencana dan harus siap menjadi relawan-relawan yang bisa diterjunkan ke daerah yang terkena bencana. Jika tidak terjadi bencana mereka akan terus melakukan pelatihan, dan juga membantu kegiatan-kegiatan PMI lainnya,” katanya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Kasi Pelayanan PMI Kota Depok, Imron Maulana mengatakan, para peserta mendapatkan materi-materi tentang pertolongan pertama, kemudian ada materi tentang assesment (jika terjadi bencana apa yang harus mereka lakukan). Dari materi pertolongan pertama itu mereka juga dilatih bagaimana menangani orang yang mengalami kecelakaan seperti patah tulang dan bagaimana cara mengangkat korbannya.

“Ini hanya pelatihan KSR dasar. Nanti ada pelatihan KSR lanjutan ditingkat spesialisasi seperti spesialisasi logistik, spesialisasi untuk pertolongan pertama dan spesialisasi bongkar pasang tenda. Sedangkan untuk instruktur dalam pelatihan ini ada instruktur yang bersertifikat untuk pertolongan pertama dan juga ada dari dokter spesialis bedah yang melatih para peserta,” jelasnya.

Dia berharap kepada peserta bisa terus mengerjakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan ini, karena mereka inikan tidak dibayar dan bekerja dengan setulus hati. Sehingga harus terus mengasah kepedulian sosial mereka terhadap masyarakat.(ade)

You may also read!

artikel suryansyah

Pemimpin Depok

  Oleh : Suryansyah Sekjen Siwo PWI Pusat   DANGDUTAN mendadak viral. Di Pengasinan, Sawangan Depok, Jawa Barat. Sabtu kemarin. Bukan karena pelantunnya

Read More...
rekom golkar untuk pradi afifah

Pilkada Depok : Pradi-Afifah Dapat SK Golkar

PENYERAHAN SK : Didampingi Ketua Pemilu DPP Jawa 1, MQ. Iswara dan Ketua DPD Partai

Read More...
gerabah serahkan SK dukungan pradi

Gerabah Serahkan SK Dukungan Buat Pradi-Afifah

DUKUNG : Penasehat Gerabah, H. Sarmili disaksikan pengurus dan kader dari 11 kecamatan dan 63

Read More...

Mobile Sliding Menu