Beranda Satelit Depok 28 Calon PPS Tes Wawancara

28 Calon PPS Tes Wawancara

0
28 Calon PPS Tes Wawancara
INDAH/RADAR DEPOK SELEKSI: Ketua PPK Kecamatan Tapos, Yan Herawan (kanan) mewawancarai calon PPS dari Kelurahan Cilangkap, Senin (6/11).
INDAH/RADAR DEPOK
SELEKSI: Ketua PPK Kecamatan Tapos, Yan Herawan (kanan) mewawancarai calon PPS dari Kelurahan Cilangkap, Senin (6/11).

DEPOK – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat akan segera diselenggarakan. Berbagai persiapan pun tengah dilakukan. Seluruh kota di Jabar ikut sibuk jelang pilgub, tidak terkecuali Kota Depok.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tapos menggelar tes wawancara bagi peserta seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bertempat di Kantor Kecamatan Tapos Jalan Raya Tapos No. 99, Senin (6/11).

“Wawancara hari ini ada tujuh kelurahan se-Kecamatan Tapos. Pesertanya ada 28 orang. Sebelumnya sudah ada tes akademisnya,” kata Ketua PPK Kecamatan Tapos, Yan Herawan kepada Radar Depok.

Ada beberapa materi seleksi wawancara. Di antaranya PPK harus mengetahui rekam jejak calon PPS, pengetahuan tugas dan kewajiban PPS. Termasuk pengetahuan rekapitulasi, integritas dan profesionalisme calon PPS, dan klarifikasi tanggapan masyarakat jika ada.

“Dari 28 yang diwawancara, nantinya hanya ada 21 yang lolos menjadi PPS. Tiap kelurahannya ada tiga orang PPS. Meski ada beberapa kelurahan yang saat ini peserta wawancaranya ada tiga orang, namun tetap melihat hasil tes akademik dan wawancara. Jika terjadi ketidaklulusan di kelurahan yang hanya tiga peserta, nanti ada mekanisme sendiri yang dilakukan KPUD Kota Depok,” katanya.

Yan melanjutkan, hasil tes wawancara tidak langsung diumumkan. Namun menunggu informasi KPUD Kota Depok. Hasil seleksi akan diumumkan serentak se-Kota Depok.

“Dari hasil tes tertulis dan tes wawancara kami kirim kembali berkas ke KPU kota Depok,” ujarnya.

Melalui serangkaian tes yang telah dilakukan dapat menjaring PPS yang berkualitas serta dapat bersinergi dengan PPK Demi suksesnya pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jabar tahun 2018.

“Semoga PPS dapat bersinergi dengan PPK, lebih kompak untuk Pilgub 2018,” tutupnya. (ind)