Beranda Metropolis 50 Ormas dan LSM Bodong 

50 Ormas dan LSM Bodong 

0

DEPOK-Khalayak Kota Depok perlu tahu ini. Ternyata, di Kota Depok terdapat 50 organisasi masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), belum punya izin alias bodong. Sementara yang sudah legal sampai Oktober 2017 sudah 103 Ormas dan LSM.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, jumlah Ormas dan LSM cukup banyak. Namun, dari jumlah yang ada hanya 103 terdata di Kesbangpol. “Dari jumlah 103 itu digabung LSM dan Ormas,” kata Dadang, kepada Radar Depok, kemarin di ruanganya.

Ormas dan LSM yang terdata di Kesbangpol, jelas Dadang sudah memiliki akte notaris dan surat dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Sebab, untuk mendaftaran Ormas dan LSM langsung di Kemendagri dan Kemenkumham.

Lebih lanjut dia menjelaskan, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 58 Tahun 2016 tentang Ormas dan LSM itu, Kesbangpol hanya memiliki wewenang sebagai pelapor, pengawasan, dan pembinaan saja. “Untuk ketentuan mengeluarkan surat keterangan terdaftar itu dari Menkumham,” jelasnya.

Untuk pembinaan dan pengawasan Kesbangpol dengan cara mengelar pelatihan dan mengelar kegiatan Jambore, sosialisasi infromasi soal Perpu dan audensi serta undangan lainuya. Artinya, Kesbangpol terus melakukan pembinaan dan pengawasan. “Ada beberapa Ormas dan LSM yang belum terdata di Kesbangpol. Kurang lebih 50,” tegas Dadang.

Bagi Ormas dan LSM di Depok yang belum memiliki legalitas dari Kemenkumham, agar segera mendaftaran supaya terdata. ”Kami himbau untuk melengkapi legalitas Ormas dan LSM, untuk pendaftaran silakan langsung ke Menkumham,” tandasnya.(irw)