Beranda Metropolis 500 Personil Gabungan Tangkis Bencana   

500 Personil Gabungan Tangkis Bencana   

0
500 Personil Gabungan Tangkis Bencana   
IRWAN/RADAR DEPOK SIAGA : Tim gabungan penangulangan bencana bersama Walikota Depok Mohammad Idris usai melaksanakan apel di Lapangan Balai Kota Depok, Senin(6/11).
IRWAN/RADAR DEPOK
SIAGA : Tim gabungan penangulangan bencana bersama Walikota Depok Mohammad Idris usai melaksanakan apel di Lapangan Balai Kota Depok, Senin(6/11).

DEPOK-Sebanyak 500 personil gabungan disiapkan untuk menanggulangi bencana di Kota Depok. Persiapan itu dimulainya dengan melaksanakan Apel bersama dengan tema Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam di Kota Depok Tahun 2017 di Lapangan Balai Kota Depok, kemarin.

“Persiapan antisipasi bencana untuk memastikan bahwa semua unsur penanganan bencana, dan kemanusiaan yang ada di Depok siaga penuh,” kata Walikota Depok Mohammad Idris, kepada Radar Depok, kemarin.

Bencana yang harus diantisipasi di Depok sebut Idris, kebakaran, longsor, angin ribut, banjir, gempa bumi dan lainnya. “Perlu diwaspadai angin puting beliung dan petir,” terang dia.

Lalu tambah Idris, guna menanggulangi bencana banjir di beberapa titik, pihaknya telah memerintahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk mengecek semua turap di kali yang biasanya meluap.  Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) juga untuk membersihkan sampah di semua sungai di Depok. “Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan pun kami minta untuk antisipasi bencana banjir dan kebakaran, artinya harus sigap,” tegasnya.

Kesigapan menghadapi bencana bila terjadi di Depok, jelas Idris, sesuai dengan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa cuaca buruk disertai angin kencang akan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia hingga tahun ini  sampai awal 2018.  “Laporan BMKG Jabar juga menyebutkan di Provinsi Jabar yang dapat berpotensi menyebabkan bencana,” terangnya.

Komandan Kodim (Dandim) 0508 Depok, Letkol Infantri Iskandar mengatakan, jumlah personil sebanyak 500 ini gabungan dari beberapa intansi dengan melaksanakan apel bersama. Ini kata dia, sebagai  komitmen menanggulangi bencana. “Jika ada bencana yang terjadi, masyarakat langsung laporkan ke pihak mana saja, bisa Damkar, Kodim, kepolisian, Lurah dan sebagainya yang ada di wilayah masing-masing,” kata Iskandar.(irw)