Antisipasi Bencana, Turap Diperbaiki Pohon Dipangkas

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK             PERBAIKAN TANGGUL KALI LAYA : Pekerja sedang memperbaiki turap tanggul Kali Laya di kawasan Perumahan Bukit Cengkeh, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, kemarin. Hal ini dilakukan untuk memperkuat tanggul, guna menahan volume air di kali laya tersebut supaya tidak jebol kembali.

DEPOK – Intensitas hujan tinggi yang mengguyur Kota Depok dan sekitarnya beberapa hari kebelakang, membuat masyarakat khawatir dengan datangnya bencana. Utamanya bencana longsor, pohon tumbang, dan banjir.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok melakukan perbaikan tanggul Kali Laya di RT7/15, Kelurahan Tugu, Cimanggis. Perbaikan yang dilakukan dalam beberapa hari kebelakang tersebut dilakukan, mengingat pernah jebolnya tanggul yang sempat mengancam puluhan rumah warga di sekitarnya.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Depok, Citra Indah Yulianti menuturkan, sejak kejadian tanggul Kali Laya jebol, pihaknya langsung turun ke lokasi untuk menghitung kebutuhan material guna menutup tanggul yang jebol.

“Langsung kita perbaiki dan kita tutup tanggul yang jebol dengan material yang kita miliki,” kata Citra kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Karenanya sampai kini, kata dia perbaikan menutup tanggul yang jebol sudah hampir rampung dan tanggul sudah cukup kuat untuk menahan aliran Kali Laya kembali. Diharapkan, kata dia luapan air Kali Laya bisa ditahan oleh tanggul yang sudah diperbaiki ini.

Citra mengatakan, jebolnya beberapa titik tanggul di sana dikarenakan bangunan turap setinggi sekitar satu setengah meter tersebut sudah cukup tua. “Bangunan tanggul atau turap dibangun 2005, sehingga jebol,” beber Citra.

Ke depan kata dia, Pemkot Depok akan menyiapkan anggaran untuk memperbaharui bangunan tanggul yang ada di sana. “Agar tidak jebol lagi nantinya, di titk lainnya,” ujar Citra.

Sementara itu, guna mengantisipasi pohon tumbang di wilayah Kota Depok, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan perawatan terhadap beberapa pohon.

“Enggak ada yang rawan, pohon itu tergantung angin juga, yang tumbang itu karena angin kencang. Beberapa pohon kami rawat dan perkuat akarnya agar tidak tumbang,” terang Ety.

Ia menambahkan, perawatan yang dilakukan dengan memangkas pohon tua, namun tak semua, ada beberapa pohon yang tidak dipangkas atau ditebang karena diperkirakan pohon tersebut masih kuat. Dari itu, pihaknya lebih memilih untuk merawat pohon tersebut. “Untuk yang dirawat jumlahnya mencapai puluhan dan tersebar di wilayah Depok. Kami juga melakukan perawatan seperti pemangkasan, pengawasan dan memberikan vitamin terhadap pohon itu,” katanya.

Seperti diketahui, beberapa titik sempat terjadi pohon tumbang, seperti yang terjadi pada senin (27/11) di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, dimana satu unit mobil tertimpa pohon.Tak hanya itu beberapa hari yang lalu, sempat terjadi dua kejadian dalam waktu yang sama yaitu pohon tumbang yang terjadi di daerah Citayam dan Jalan Raya Juanda. (ade)

You may also read!

Simulasi pilkada polda metro jaya

Ratusan Personel Kepolisian Disiagakan untuk Pilkada Depok

PANTAU : Karoops Polda Metro Jaya, Kombes Marsudianto, usai memantau kegiatan simulasi Pilkada di Alun-alun

Read More...
menara air sukmajaya diruntuhkan

Ini Alasan PDAM Tirta Asata Rubuhkan Menara Air Sukmajaya

IKON : Menara air PDAM Tirta Asasta di Jalan Kejayaan, Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya akan

Read More...
perjalanan KRL ditambah

Ini Syarat Karyawan Saat Pembatasan Aktifitas Masyarakat di Malam Hari

PADAT : Suasana perjalanan kereta di Stasiun Citayam, Kota Depok. FOTO : RUBIAKTO/RADAR DEPOK   RADARDEPOK.COM, DEPOK

Read More...

Mobile Sliding Menu