Beranda Satelit Depok Bukan Hanya Kompetisi Tetapi Juga Syiar Islam

Bukan Hanya Kompetisi Tetapi Juga Syiar Islam

0
Bukan Hanya Kompetisi Tetapi Juga Syiar Islam
IST/RADARDEPOK MEMBERIKAN PIALA: Camat Pancoranmas Sedang Memeberikan piala kepada salah satu peserta yang menjadi jura dalam lomba MTQ.

 

IST/RADARDEPOK
MEMBERIKAN PIALA: Camat Pancoranmas Sedang Memberikan piala kepada salah satu peserta yang menjadi jura dalam lomba MTQ.

Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kecamatan Pancoranmas XVIII yang setiap tahunnya dilaksanakan, diharapkan bisa melahirkan bibit baru qari-qariah andal. Kegiatan yang sejalan dengan visi Kota Depok, yakni Kota Religius, juga diharapkan bisa menjadi media yang efektif untuk mensyiarkan Islam.

LAPORAN : INDRA ABERTNEGO SIREGAR

Di dalam gedung megah berwarna putih tepat di lantai dua gedung tersebut, terlihat para lelaki dan juga wanita mengenakan pakaian bernuansa putih, serta mengenakan topi peci dan juga jilbab sedang berkumpul.

Bukan tanpa alasan mereka semua berkumpul di Aula Gedung Kantor Kecamatan Pancoranmas tersebut. Mereka sedang mengikuti kompetisi MTQ tingkat Kecamatan Pancoranmas.

Seorang pria yang mengenakan baju putih dan juga peci berwarna merah dibalut warna emas, yang dikenal sebagai Camat Pancroanmas, Utang Wardaya mengatakan, kegiatan tersebut bukan hanya sebagai kompetisi belaka, namun juga diharapkan dapat membangun syiar Islam di wilayah Kecamatan Pancoranmas.

“Mudah-mudahan ada wajah baru yang bisa mewakili kecamatan untuk lanjut ke tingkat kota. Ini juga bisa sebagai pembanding antara kecamatan satu dengan yang lainnya,” ujar Utang Wardaya,

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok, Marjaya menambahkan, ajang MTQ bukan hanya perkara menentukan juara terbaik. Namun, lebih dari itu, kegiatan itu harus bertujuan mengedepankan syiar Islam.

“Mereka (peserta) adalah putra-putri terbaik yang dipilih melalui seleksi tingkat kelurahan dan maju ke tingkat kecamatan. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, dapat memakmurkan masjid-masjid yang ada, dengan syiar agama yang disampaikan,” katanya.

Dirinya berharap, kegiatan MTQ dapat dijadikan sebagai salah satu ajang pembinaan prestasi anak muda, yang nantinya bisa berkompetisi di tingkat Provinsi Jawa Barat bahkan nasional.

“Tidak ada manfaatnya meraih kemenangan, kalau itu dihasilkan dengan mengutus peserta dari daerah lain. Jadi, selama pelaksanaan MTQ ini berlangsung, semua kafilah memanfaatkan potensi yang ada. Alhamdulillah, setiap tahunnya Kecamatan Pancoranmas selalu menampilkan peserta asli dari Kecamatan Pancoranmas,” tutup Marjaya. (*)