Beranda Satelit Depok Curug jadi Idola Mahasiswa UI

Curug jadi Idola Mahasiswa UI

0
INDAH/RADAR DEPOK
JADI IDOLA: Lurah Curug, Kepala Puskesmas Cimanggis, mahasiswa UI, ketua RW, dan kader posyandu tiap RW dalam lokakarya mini 1 tahun 2017.

DEPOK – 30 mahasiswa program magister keperawatan kekhususan keperawatan komunitas Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia (UI) menggelar lokakarya mini 1 di Aula Kelurahan Curug, Jalan Sinar Matahari, Kecamatan Cimanggis, Kamis (2/10).

Kelurahan Curug menjadi tempat favorit mahasiswa UI dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) serta pengabdian terhadap masyarakat.

Beberapa faktor menjadikan mahasiswa UI senang melakukan penelitian di Kelurahan Curug, salah satunya karena warga dan perangkat kelurahan yang dipimpin Purwadi menyambut baik penyuluhan atau kegiatan mengenai masalah kesehatan.

“Kami memilih lokasi tidak sembarangan. Yang pertama, memiliki masalah kesehatan. Kedua perangkat desa, warga dan kadernya yang welcome terhadap kami. Ada lokasi lain yang punya masalah kesehatan tapi perangkat desanya tidak mau. Kami pilih yang keduanya memenuhi, dan Curug jadi salah satu yang memiliki kedua-duanya,” ujar Kepala Departemen Khusus Keperawatan Komunitas FIK UI, Sigit Mulyono saat ditemui di aula kantor Kelurahan Curug.

Lurah Curug, Purwadi mengaku sangat mengapresiasi mahasiswa UI yang ingin memperbaiki masalah kesehatan bagi warganya.

Purwadi mengatakan sudah lebih dari lima tahun jika Kelurahan Curug menjadi tempat mahasiswa UI untuk melakukan KKN, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kalau kami selalu welcome. Selama saya menjabat dari saya sekkel di Curug sampai jadi lurah, sudah lima tahunan lebih mungkin setiap tahunnya dikunjungi mahasiswa UI untuk KKN. Saya juga selalu katakan kepada warga dan kader PKK untuk selalu menyambut baik, dan alhamdulillah sekarang ada manfaatnya,” ujar Purwadi.

Purwadi mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa UI yang selama ini sudah melakukan KKN. Penyuluhan dan kegiatan yang diberikan mahasiswa terhadap warga Curug menjadi efek positif bagi kesehatan masyarakat.

“Berkat ada mahasiswa UI yang memberikan penyuluhan, kesehatan warga Curug jadi semakin baik tiap tahunnya. Masyarakat semakin paham penyakit-penyakit yang sering dialami dan cara mengatasinya,” tuturnya. (ind)