Beranda Pendidikan Disnaker Sambangi SMKN 2 Buka Rangkaian Bursa Kerja

Disnaker Sambangi SMKN 2 Buka Rangkaian Bursa Kerja

0
Disnaker Sambangi SMKN 2 Buka Rangkaian Bursa Kerja
PEBRI/RADAR DEPOK CARI KERJA: Istri Walikota Depok, yakni Elly Farida (duduk, empat dari kanan) bersama Kepala Disnaker Kota Depok, Diah Sadiah (duduk, tiga dari kiri) berfoto bersama dengan siswa SMKN 2 Depok dalam kegiatan pembukaan Bursa Kerja, Senin (6/11).
PEBRI/RADAR DEPOK
CARI KERJA: Istri Walikota Depok, yakni Elly Farida (duduk, empat dari kanan) bersama Kepala Disnaker Kota Depok, Diah Sadiah (duduk, tiga dari kiri) berfoto bersama dengan siswa SMKN 2 Depok dalam kegiatan pembukaan Bursa Kerja, Senin (6/11).

DEPOK – Bertempat di SMKN 2 Depok, digelar kegiatan Bursa Kerja. Dalam kegiatan yang bersifat umum dan gratis tersebut, ada 10 perusahaan yang terlibat dalam kegiatan yang diadakan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok kerja sama dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 2 Depok.

Kepala Disnaker Kota Depok, Diah Sadiah mengatakan, Bursa Kerja yang diadakan di SMKN 2 Depok ini adalah rangkaian, karena masih ada dua sekolah lagi yang akan disambangi, yakni SMK Yadika pada 7 November dan SMK Media Kreatif pada 10 November. Mendatangi langsung ke sekolah, tentu saja untuk bisa memberikan jalan untuk siswa yang baru lulus untuk bisa masuk ke dunia kerja.

“Kami ingin mempertemukan perusahaan yang mencari pekerja, dengan orang yang mencari pekerjaan. Jadi, dalam Bursa Kerja ini, siswa bisa langsung bertemu dengan perwakilan perusahaan yang menaungi penerima kerja,” ucapnya kepada Radar Depok.

Diah menuturkan, berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk di Kota Depok sekarang ini ada 2.161.00 jiwa. Dari jumlah tersebut, angkatan kerjanya ada 969.502 jiwa, dan yang sudah bekerja ada 896.681 jiwa, jadi penganggurannya ada 72.821 jiwa.

“Dengan jumlah tersebut, tentu saja harus serius untuk menurunkan jumlah pengangguran, dengan cara memberikan pelayanan informasi dan bursa kerja,” jelasnya.

Salah satu langkah yang dilakukannya adalah Bursa Kerja Online. Dalam program ini, para perusahaan-perusahaan bisa langsung mencari pekerja dari orang-orang yang mendaftar langsung di Bursa Kerja Online. Tetapi, untuk orang yang ingin mendaftar menjadi pencari kerja di Bursa Kerja Online harus mendaftar dahulu AK 1, sebagai identitasnya.

“Dalam kegiatan Bursa Kerja yang dilakukan ke sekolah-sekolah ini, tentunya diutamakan warga Kota Depok yang memiliki AK 1,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir juga istri Walikota Depok, yakni Elly Farida yang memberikan motivasi dan juga mengadakan permainan untuk siswa-siswa SMKN 2 Depok. (peb)