Beranda Pendidikan Ingin Penghafal Al Quran Termasuk Berprestasi

Ingin Penghafal Al Quran Termasuk Berprestasi

0
Ingin Penghafal Al Quran Termasuk Berprestasi
IST SILATURAHMI: AGPAII Kota Depok saat melakukan audiensi dengan Dinas Pendidikan Kota Depok, beberapa waktu lalu.
IST
SILATURAHMI: AGPAII Kota Depok saat melakukan audiensi dengan Dinas Pendidikan Kota Depok, beberapa waktu lalu.

DEPOK – Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kota Depok menginginkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, untuk memasukan siswa penghafal Al quran di Kota Depok dimasukan dalam kategori siswa berprestasi. Ini juga berkaitan dengan kemudahan melewati jalur prestasi dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru.

Ketua Umum AGPAII Kota Depok, Safrudin Muslih mengatakan, menghafal Al quran bagi sebagian orang, bukan sesuatu yang mudah, dan tidak semua peserta didik mampu melakukannya. Sehingga, ada baiknya siswa yang hafal Al quran, dimasukan dalam kategori siswa berprestasi.

“Ini sebagai bentuk apresiasi kepada siswa yang telah menghafalkan Al quran. Karena, tidak semua siswa bisa melakukannya,” ucapnya kepada Radar Depok.

Safrudin menuturkan, tentang prestasi bisa berasal dari berbagai macam hal. Penghafal Al quran bukanlah hal yang mudah, diperlukan proses yang panjang dan konsentrasi yang tinggi. Jadi, dengan memberikan apresiasi kepada siswa penghafal Al quran, bisa memacu siswa memperbaharui hafalannya, dan siswa yang lainnya termotivasi untuk menghafalnya.

“Ini sebagai pembentukan karakter siswa yang bedasarkan pada keagamaan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin merespon positif gagasan tersebut, dirinya berjanji akan menata kembali program pembentukan karakter relijius melalui kegiatan pembiasaan,

“Kedepan kita akan lakukan standarisasi jenis kegiatan pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pembiasaan di pagi hari, agar kegiatan bisa diadakan serempak dan hasilnya pun yang diharapkan dapat terukur,” ujarnya. (peb)