Beranda Pendidikan Lestarikan Seni dan Budaya Sunda

Lestarikan Seni dan Budaya Sunda

0
Lestarikan Seni dan Budaya Sunda
PEBRI/RADAR DEPOK LESTARIKAN SENI: Tim Degung PGRI Kecamatan Tapos saat tampil dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-72 PGRI dan Hari Guru, beberapa waktu lalu.
PEBRI/RADAR DEPOK
LESTARIKAN SENI: Tim Degung PGRI Kecamatan Tapos saat tampil dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-72 PGRI dan Hari Guru, beberapa waktu lalu.

DEPOK –  Melestarikan seni dan budaya tentu menjadi tugas siapa dan di mana saja. Salah satu yang memiliki peran penting untuk hal tersebut tentunya sekolah.

Guru dan siswa memiliki peran yang sama untuk hal tersebut. di PGRI Kecamatan Tapos, inisiatif tersebut sudah muncul dengan membuat Tim Degung PGRI Kecamatan Tapos.

Koordinator Tim Degung PGRI Kecamatan Tapos, Erlin Erliani mengatakan, pembentukan tim degung untuk membuat kegiatan positif bagi guru-guru dan kepala sekolah. Tentu saja, kegiatan positif yang manfaatnya tidak hanya sekedar mengisi waktu, tetapi melestarikan seni dan budaya Sunda yang merupakan asli dari Jawa Barat.

“Dengan membuat Tim Degung PGRI Kecamatan Tapos, kini kepala sekolah dan guru memanfaatkan perannya sebagai guru yang selalu digugu dan ditiru siswanya di sekolah,” ucapnya kepada Radar Depok.

Jangan hanya sekedar mengkampanyekan tentang melestarikan seni dan budaya Sunda ke siswa saja, tetapi kepala sekolah dan guru juga harus mengeluarkan aksinya, sebagai wujud nyata peduli terhadap seni dan budaya Sunda.

“Tim Degung PGRI Kecamatan Tapos, sudah kerap tampil dimana-mana, baik di acara tingkat kecamatan ataupun tingkat kota,” terangnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pendidikan TK dan SD Kecamatan Tapos, Ebeng Djayadi  menuturkan, memang sudah menjadi peran guru untuk mengawal perkembangan seni dan budaya. Dengan memainkannya, tentu saja itu merupakan bagian dari melestarikannya. Jadi, ini adalah kegiatan positif yang kaya manfaat.

“Intinya bukan siapa yang berbuat, tetapi apa yang diperbuatnya untuk melestarikan atau menjaga seni dan budaya Sunda,” singkatnya. (peb)