Beranda Politika Melihat Kegiatan Sekber Sahabat Ciliwung

Melihat Kegiatan Sekber Sahabat Ciliwung

0
Melihat Kegiatan Sekber Sahabat Ciliwung
RICKY/RADAR DEPOK AKRAB: Pengurus dan anggota Sekber Sahabat Ciliwung foto bersama Usain apel siaga Bencana di lapangan Balai Kota Depok.  
RICKY/RADAR DEPOK AKRAB: Pengurus dan anggota Sekber Sahabat Ciliwung foto bersama Usain apel siaga Bencana di lapangan Balai Kota Depok.  

Sekretariat Bersama (Sekber) Sahabat Ciliwung akan mengadakan pelatihan gabungan Potensi SAR bersama seluruh pengaturan lingkungan di Jembatan Juanda Depok pada Sabtu (11/11).

LAPORAN: Ricky Juliansyah

Namanya aktivis lingkungan berkumpul, pasti ada saja hal positif yang dilakukan atau bakal muncul gagasan-gagasan Ciamis untuk berkegiatan di lingkungan.

Jadi tidak hanya sekedar silaturahmi, saat mengadakan kumpul-kumpul bersama rekan selama komunitas dan penggiat lingkungan, Sekber Sahabat Ciliwung akan mengadakan latihan Gabungan Potensi SAR.

Menggunakan nama Sahabat Ciliwung, sudah pasti kegiatan mereka tersebut akan dilakukan di Sungai Ciliwung, tepatnya di bawah jembatan Jalan Juan dan Kota Depok.

Meski ada kalanya mereka juga mengikuti kegiatan di lokasi lain, selain Sungai Ciliwung atau malah bukan sungai sekali pun.

Tentu saja, bukan hanya mengusung nama Sahabat Ciliwung, tapi benar benar diaplikasikan dalam kehidupan nyata, mulai dari bebersih hingga membangun kesadaran masyarakat bantaran peduli akan lingkungannya, serta membentuk komunitas-komunitas lingkungan yang menjadi garda terdepan dalam mengawal kebersihan dan kelestarian ekosistem di dalamnya.

“Memang Kami akan mengadakan pelatihan gabungan Potensi SAR,” tutur Pengurus Sekber Sahabat Ciliwung, Muhammad Maulana.

 

Pria yang akrab disapa Stipen itu menuturkan, giat tersebut memang menjadi program Sekber Sahabat Ciliwung dalam berkegiatan di alam bébas, terutama mempersiapkan anggota untuk program arung edukasi Ciliwung dan wisata sungai yang menjadi program utama di Sekber Sahabat Ciliwung.

Tentunya, ketika program tersebut terwujud, sudah pasti harus memiliki kegiatan dari segi pengetahuan serta pemahaman anggota untuk tanggap bencana di sungai dan alam bebas.

“Ketika punya konsep itu, sudah pasti selain fasilitas juga SDM yang profesional saat mengajak wisatawan mengarungi sungai,” paparnya.

Kembali ke latihan Gabungan Potensi SAR, giat tersebut dalam rangka memperingati hari Ciliwung yang jatuh pada 11 Oktober lalu.

Namanya gabungan, sudah pasti banyak komunitas dan instansi yang ikut ambil bagian. Tidak kurang dari 50 orang sudah mendaftarkan diri untuk ambil bagian dalam giat tersebut.

“Mulai dari anggota Sekber, Forum ME-DAN Jabar, PGI Jabodetabek, Relawan Nusantara, Forum Sar Bogor, Fokker, Camp 135,BARNAS, Tabanan Depok, BMSI, MAPAR UNB, Kenus, TRC JKU PALMAS Polres Bogor, LRI, Lumbuk dan lainnya,” ucapan Stipen.

Kegiatannya sendiri dimulai dari kumpul, pembagian kelompok, pangenalan alat dan materi, Tasya kurang dengan potong tumpeng, Simulasi dan praktek pelatihan hingga evaluasi kegiatan.

“Semoga kegiatan berjalan lancar dan membawa manfaat untuk semuanya. Terutama untuk Sungai Ciliwung ini,” tandas Stipen. (*)