Melihat Potensi Wisata Tersembunyi di Meruyung

In Politika

 

RICKY/RADAR DEPOK
CERIA: Anggota Tulipe dan penggiat lingkungan saat mengarungi Kali Pesanggrahan dalam acara sedekah sungai di Kelurahan Meruyung, Limo.

Depok memiliki potensi yang luarbiasa untuk wisata air. Dengan banyaknya situ dan Sungai Ciliwung, ternyata Kali Pesanggrahan pun menjadi potensi wisata tersembunyi di Kelurahan Meruyung, Limo yang tengah dikembangkan komunitas Tunas Kali Pesanggrahan (Tulipe) dan penggiat lingkungan lainnya, seperti Komunitas Peduli Pesanggrahan Depok (KP2D)

Laporan: Ricky Juliansyah

Pada bagian yang arusnya tenang dan tidak terlalu dalam, rombongan asik melompat dari perahu sambil bermain air. Tenang saja, mereka dilengkapi dengan peralatan keamanan dan dipantau mereka yang telah mengikuti pelatihan water rescue.

Di sungai yang mengalir dari Kabupaten Bogor melintasi Kota Depok, Jakarta Selatan hingga akhirnya ke Tangerang Banten ini memang belum terlalu banyak orang yang mengetahui dapat dijadikan wisata air di Kota Depok.

Sungai yang berhulu di Kecamatan Tanah Sereal dan melintasi Kecamatan Sawangan dan Kecamatan Limo khusus di wilayah Kota Depok ini memang tengah diberdayakan dan dilestarikan penggiat lingkungan, seperti Tulipe dan KP2D.

Jangan heran, ketika Kali Pesanggrahan yang semula tidak dilirik orang dan dijadikan lokasi pembuangan sampag oleh oknum warga ini mulai diisi kegiatan-kegiatan positif oleh penggiat lingkungan

Seperti Tulipe yang concern membersihkan sampah dan berupaya menjadikan kali tersebut kembali lestari serta menjadi destinasi wisata yang menjanjikan bagi Kota Depok.

“Kami sudah membangun dermaga Tulipe dan memanfaatkan lahan dari perumahan Cinere Residence untuk bercocok tanam bersama rekan-rekan dari KP2D. ini cocok untuk wisata, jeramnya mantap, arus atas kelihatan teang, tetapi arus bawahnya deras. Ini masih belum terlambat, pemeliharaan sungan dan bantaran kanan dan kiri masih hijau,” kata Pendiri Tulipe, Kusrianto.

Bahkan, sambung pria yang akrab disapa Anto ini, belum lama pihaknya bersama KP2D dan Sekber Sahabat Ciliwung mengadakan acara pengarungan dan sedekah sungai di Kali Pesanggrahan.

Sedekah sungai merupakan perwujudan dari pada kita mencintai kali dengan menanam, di bantaran sungai, dan melepaskan ikan di habitat, agar ekosistem di sungai seimbang dan terjaga. Meski dengan melepas bibit ikan seberat 2 kg.

“Yang utama syukur kepada Tuhan yang telah mrnciptakan Alam semesta ini, karena kali Air adalah sumber kehidupan, makluk hidup, kalau kedung dan palung sudah tidak ada lagi, maka manusia akannkesulitan menemukan sumber mata air di bawah tanah ,karena kedung dan palung yang akan menyebarkan dan meresapkam air beratus meter di bawah tanah dan disedot dengan mesin pompa. Apalagi jaman sekarang sangat besar eksploitasi air tanah, tanpa ada keseimbangan menanam pohon buat menyimpan air hujan, sumur resapan dan biopori,” terang Anto.

Ia bersyukur bahkan terharu ketika ibu Camat Sawangan memimpin doa dan memberi arahan pada anak pramuka,  karena akhirnya Tulipe yang ia bangun selama ini bisa mengadakan acara semeriah itu dan diikuti banyak peserta.

Kendati demikian, bukan berarti Tulipe tidak memiliki kendala, saat ini kendala yang dihadapi adalah sarana dan prasarana serta suport dari pemerintah setempat untuk mewujudkan mimpi Anto dan rekan-rekan penggiat lingkungan di Kali Pesanggrahan.

“Saya harap, setelah ini ada upaya dari pemerintah dan melirik Kali Pesanggrahan. Paling tidak untuk bersama-sama melestarikan keasriannya dan tidak ada lagi yang membuang sampa sembarangan,” ucap Anto. (*)

You may also read!

gerabah kuatkan arus

Sisi Lain Pilkada Depok : Gerabah Kuatkan Arus, Menangkan Pradi-Afifah

KONSOLIDASI : Pengurus dan Relawan Gerabah saat melakukan konsolidasi di Balai Sarmili Depok, Minggu (30/08)

Read More...
PKB untuk pradi

Pilkada Depok : PKB Usung Pradi-Afifah

RESMI : Bakal Calon Walikota Depok, Pradi Supriatna menerima SK Rekomendasi dari DPP PKB, di

Read More...
tangannya masuk ke penggilingan

Seram, Selama 4 Jam Pekerja Tangannya Masuk Penggilingan Daging

EVAKUASI : Petugas tengah menyelamatkan karyawan yang mengalami kecelakaan kerja, di toko milik Haji Doni,

Read More...

Mobile Sliding Menu