Beranda Politika Panwaslu Audiensi dengan Wakil Walikota

Panwaslu Audiensi dengan Wakil Walikota

0
Panwaslu Audiensi dengan Wakil Walikota
RICKY/RADAR DEPOK AUDIENSI: Komisioner Panwaslu Kota Depok saat audiensi dengan Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna di ruangannya, kemarin.
RICKY/RADAR DEPOK
AUDIENSI: Komisioner Panwaslu Kota Depok saat audiensi dengan Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna di ruangannya, kemarin.

Mewujudkan Pemilu yang sukses, berkualitas dan sesuai prosedur, Panwaslu Kota Depok melakukan audiensi dengan stakeholder terkait. Seperti Kamis (2/11), lembaga yang diketuai Dede Selamet Permana melakukan audiensi dengan Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna.

Laporan: RICKY JULIANSYAH

Kesuksesan Pemilihan Umum (Pemilu) tidak lepas dari prosedur dan pengawasan yang baik. Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya perlu komunikasi dan menyamakan persepsi dengan seluruh stake holder terkait.

Sebagai pengawas, tentunya bukan bermaksud mencari-cari kesalahan, melainkan untuk mewujudkan Pemilu sesuai dengan aturan, tepat jadwal dan perundangan-undangan yang berlaku.

Seperti Panwaslu Kota Depok yang terus mensosialisasikan Pemilu, dan yang paling dekat adalah Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat pada 2018 mendatang.

Selain itu, lembaga yang diketuai Dede Selamet Permana ini pun terus gencar silaturahmi dengan stakeholder terkait, guna membahas persiapan, menyamakan persepsi hingga mendorong persiapan Pemilu agar maksimal.

“Tadi kami audiensi dengan pak Wakil. Alhamdulillah bisa terlaksana sekarang,” kata Ketua Panwaslu Kota Depok, Dede Slamet Permana.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya menekankan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk memaksinalkan perekaman data kependudukan masyarakat Depok.

“Jangan sampai ada warga yg belum direkam. Meskipun warga ada yang mau dan tidak, yang penting dimaksimalkam. Juga penyusunan DP4 juga harus baik, itu kan akan dilaporkan kementerian harus lebih baik. Proses data dari kementerian kan dari Disdukcapil. Jangan sampai lempar-lemparan an antara Disduk dan KPU,” papar Dede.

Wakil Walikota Depok sebagai perwakilan dari pemerintahan diapresiasi jajaran Panwaslu Kota Depok. Sebab, menurut Dede, Pradi cukup perhatian terkait data kependudukan dan data pemilih.

Bahkan, bagi yang belum melakukan perekaman, Pradi sempat mengusulkan dan menginstruksikan OPD terkait membuat spanduk imbauan agar masyarakat yang belum melakukan perekaman, segera datang ke kelurahan untuk merekam datanya.

“Itu cukup positif, untuk deks Pilkada, kami harap lebih memaksimalkan persiapannya,” ucap Dede.

Komisioner Panwaslu Kota Depok, Andriansyah menambahkan, memang surat audiensi sudah dilayangkan jauh-jauh hari. Namun, baru terlaksana hari ini.

Dalam audiensi, selain perkenalan awal, pihaknya pun menyampaikan tugas, sekretariat dan lainnya. “Intinya kami meminta penekanan target Desember sudah merekam data kependudukan,” ucap Andriansyah.

Pradi Supriatna pun mengapresiasi Komisioner Panwaslu dan PPK di lingkup kecamatan yang mau mengabdikan diri untuk kesuksesan dan bersihnya pesta demokrasi di Indonesia, khususnya untuk Kota Depok.

Ia berharap, agar dapat menjaga amanah dan independensi tetap di depan. Pasalnya, kerja profesional di era saat ini yang dibutuhkan dan bisa dirasakan langsung oleh rakyat.

“Apalagi Panwaslu adalah bagian dari pengawas dari pesta demokrasi. Kami dari pemerintahan akan mensupport dan memaksimalkan seluruh persiapan semampu kami, dan juga sesuai dengan koridor, tupoksi dan undang-undang yang berlaku,” ucap Pradi. (*)