Panwaslu Gandeng Pramuka

In Politika

 

RICKY/RADAR DEPOK
KESEPAHAMAN: Komisioner Panwaslu Kota Depok saat menandatangani MoU dengan Kwarcab Kota Depok di di Gedung Sasono Mulyo, Cilodong Kota Depok, Senin (27/11).

DEPOK Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok dan  Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Depok melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk melakukan pengawasan dalam Pilgub Jabar 2018, di Gedung Sasono Mulyo, Cilodong Kota Depok, Senin (27/11).

“Kerjasama dengan pramuka ini merupakan satu proses instruksi yang diberikan Bawaslu Provinsi,” tutur Ketua Panwaslu Kota Depok Dede Selamet Permana dalamm penandatangan yang dibarengi dengan Rakor Pengawasan Pemilihan Umum Partisipatif, dalam rangka Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2018.

Tujuannya, Sambung Dede, yakni partisipasi relawan yang melibatkan pramuka di dalam pengawasan yang sesuai dengan tahapan dan aturan pemilihan yang dikeluarkan KPUD.

“Tugasnya, hanya membantu Panwaslu di dalam pengawasan serta melaporkan jika ada temuan-temuan di lapangan. Dalam hal ini mereka yang sudah menjadi relawan bisa juga mengawasi dan memberitahukan apa saja pelanggarannya,” ujar Dede.

Dede menambahkan, MoU itu sebelumnya memang sudah terstruktur. Hanya saja kebetulan Kota Depok diberikan kesempatan sebagai Kwarcab Gerakan Pramuka yang pertama melakukannya.

“Mudah-mudahan ini menjadi rujukan, contoh bukan sekedar subtansi yang dikerjasamakan tetapi dalam bentuk penyampaian informasi, pelatihan dan termasuk juga acaranya (Pilgub),” kata Dede.

Sementara Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Kota Depok, Rustam Efendi mengatakan, para anggota Pramuka Kota Depok akan dilibatkan pada Pemilihan Gubernur 2018 bersama Panwaslu Kota Depok.

“Prihal tersebut, kami dari pihak Kwarcab Pramuka Kota Depok, sudah membuat MoU dengan Panwaslu Kota Depok,” ujar Rustam Efendi.

Rustam menjelaskan, untuk menjadi Panwaslu pada Pemilihan Gubernur, anggota Pramuka yang tergabung akan dilatih terlebih dahulu.

“Yang akan dilatih adalah para penegak Pramuka, nantinya para penegak itu akan membantu Panwaslu dalam proses pengawasan Pemilihan Gubernur 2018 mendatang,” pungkasnya. (cky)

You may also read!

RSUI terima pasien rujukan

Pasien Covid-19 yang Bunuh Diri di RSUI, Bukan Warga Depok

RSUI : Sejumlah kendaraan melintas di dekat gedung Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI). FOTO :

Read More...
gedung RSUI

Pasien Covid-19 di Depok Loncat dari Lantai 13 RSUI

Gedung RSUI.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – YS (52) seorang pasien virus Korona (Covid-19) yang dirawat di Rumah

Read More...
Iklan bni

BNI Syariah Depok Ajak Nasabah Ngaji Seumur Hidup

  RADARDEPOK.COM, DEPOK - BNI Syariah memiliki program Nabung Haji Bisa Ngaji bekerjasama dengan Askar Kauny yaitu lembaga non profit

Read More...

Mobile Sliding Menu