Beranda Metropolis Pemkot Depok Dapat AMPL Award

Pemkot Depok Dapat AMPL Award

0

DEPOK – Pemkot Depok mendapat penghargaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Nasional Award dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan karena komitmen Pemkot Depok dinilai berhasil mengatasi persoalan sanitasi dan pengelolaan limbah.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, cara pengelolaan sanitasi secara modern yang sudah dilakukan di Depok telah mendapat pengakuan dari Pemerintah Pusat, setelah melewati proses penilaian yang cukup ketat dari Pokja AMPL Nasional.

“Bisa dilihat dari kerja sama dengan kementerian untuk keputusan pengolahan limbah tinja yang kita lakukan beberapa waktu lalu,” ujar Idris setelah memperoleh penghargaan dalam ajang Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional 2017, di Hotel Le Meridien Jakarta, Rabu (8/11).

Idris mengatakan, melalui APBD, Pemkot Depok telah melakukan pengembangan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang berada di Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong.

Realisasi dari APBD dari tahun ke tahun khususnya 2017, selain membangun 800 septictank di 31 titik, pemkot melakukan pengembangan IPLT yang ada di Kalimulya.

“Ini lebih modern dan lebih banyak untuk menampung kapasitas serta kedap air, karena kami menggunakan fiber sebagai materialnya,” ujarnya.

Idris ingin, dengan semakin modern pengolahan sanitasi di Kota Depok, masyarakat bisa terus meningkatkan kepedulian terhadap pentingnya pemenuhan akses universal untuk sanitasi dan air minum yang layak.

“Mudah-mudahan terbentuk persepsi masyarakat terkait lingkungan hidup dan pentingnya perhatian terhadap sanitasi. Tentunya ini juga dalam rangka mencapai target akses universal 2019,” kata Idris. (ade)