PKH Kurangi Kemiskinan 0,14 Persen

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK SEMINAR: Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos), Raden Harry Hikmat, saat menghadiri seminar di Universitas Indonesia, kemarin.  

DEPOK – Kementerian Sosial melalui Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial mengklaim, Program Keluarga Harapan (PKH) efektif dan menurunkan angka kemiskinan hingga 0,14 persen.

Seperti yang dituturkan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos), Raden Harry Hikmat. Ia mengatakan, diskusi publik ini mengambil tema ‘Kemiskinan dan jalan panjang bantuan sosial’.

Ini menjadi salah satu mandat yang diberikan ke Kemensos, dimana saat ini menjadi leading sektor untuk memastikan bantuan sosial dalam rangka penanggulangan kemiskinan bisa efektif menurunkan angka kemiskinan. Bahkan, sampai kepada kesenjangan.

“Karena itulah kami hadir dan saya mewakili menteri sosial, untuk menyampaikan kepada audiense tentang program-program prioritas nasional yang berdasarkan kajian dari berbagai pihak itu menunjukan tingkat efektifitas yang tinggi dalam mengurangi kemiskinan dan kesenjangan,” kata Harry usai menghadiri seminar di Universitas Indonesia, kemarin.

Salah satunya, lanjut Harry, Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai bantuan dalam bentuk bantuan bersyarat yang dikaji oleh salah satunya dari badan kebijakan fiskal, yang mengatakan bahwa PKH dapat mengurangi kemiskinan 0,14 persen.

“Sementara pengurangan pada gini rasio bisa mencapai 0,04 persen. Itu tertinggi diantara bansos yang lain, kedua kan program Indonesia Pintar, program-program bansos lain diantaranya subsidi energi justru belum secara efektif mengurangi kemiskinan,” paparnya.

Diskusi ini, lebih lanjut Hari menjelaskan, bisa menjadi bagian pengayaan wawasan, materi bagi dunia akademis, sebab yang datang sendiri mulai dari dosen dan mahasiswa yang sedang belajar tentang bagai pembangunan kesejahteraan sosial kedepan.

“Karena ini yang mengadakan mahasiswa pasca sarjana,” terangnya.

Jika memperhatikan dari sisi manfaat anggota penerima manfaat PKH, sambung Harry, karena PKH menyentuh keluarga, tetapi dalam pendampingan menyasar kepada ibu hamil, ibu yang memiliki balita, anak SD-SMA, lansia sampai pada disabilitas, artinya dalam keluarga itu, kemanfaatannya itu sudah bisa menjangkau setiap anggota keluarga.

“Berbeda jika program itu hanya kepada kepala keluarga, seperti bantuan-bantuan web atau hanya bantuan spesifik kepada ibu, ini kan tidak, sentuhan PKH sendiri kepada keluarga sehingga anggota keluarganya mendapatkan manfaat,” ungkapnya

Dan kondisilitinya mengarah kepada bagaimana mereka bisa memperbaiki akses di bidang kesehatan dan pendidikan. Capaian-capaiannya sendiri, secara signifikan bisa dilihat, seperti bansos dapat menjadi tambahan income mereka.

“Nampak sekali pengeluaran konsumsi dari keluarga itu bisa meningkat sampai 6 persen, produktifitas bisa meningkat sampai 10 persen, setelah dia menerima PKH,” bebernya.

Dengan demikian, ada tambahan income buat keluarga yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih produktif dan bermanfaat bagi anggota keluarganya. Salah satuunya, bantuan yang diberikan digunakan untuk perbaikan nutrisi.

“Makanya dalam hasil evaluasi, ternyata PKH mampu memberikan kontribusi pada pengurangan stunting (balita tubuh pendek, red) kontribusinya sampai 2,7 persen. Itu bank dunia yang memberikan evaluasi,” ungkap Hari.

Terpenting, bansos sendiri harus bisa memberikan suatu kondisi dimana mereka teredukasi untuk mempunyai motivasi yang lebih baik, merubah sikap prilaku dan lebih mandiri.

“Makanya ada pendampingan sosial, ada famiili development section dibidang pendidikan, sosial, ekonomi, pengasuhan anak, lansia dan disabilitas, modul-modul itu yang membuat ada perubahan prilaku dari mereka, dengan melihat angka kehadiran dari anak-anak yang menerima PKH sampai diatas 98 persen, berdasarkan review dari data MIS, verifikasi data pendamping,” pungkasnya. (cky)

You may also read!

gerabah bantu warga

Gerabah Bantu Warga Mampang

BANTUAN : Relawan Gerabah Kecamatan Pancoranmas saat menyerahkan bantuan ke M. Soleh, warga RT02/10 Kelurahan

Read More...
waspada virus korona

29 Orang Dinyatakan Sembuh Covid-19 di Depok

  RADARDEPOK.COM, DEPOK – Tim Gugus Tugas Kota Depok telah merilis status virus Korona (Covid-19) di Kota Depok. Pada rilis

Read More...
pradi depok bangkit

Sahabat H. Iman Siap Menangkan Pradi-Afifah

BERI SAMBUTAN : H. Iman Yuniawan menyampaikan sambutannya pada kegiatan silaturahmi Sahabat H Iman, Jumat

Read More...

Mobile Sliding Menu