Beranda Satelit Depok Pondok Petir Galakan Lubang Biopori

Pondok Petir Galakan Lubang Biopori

0
Pondok Petir Galakan Lubang Biopori
DICKY/RADARDEPOK Lurah Pondok Petir : Anwar Nasihin
DICKY/RADARDEPOK Lurah Pondok Petir : Anwar Nasihin

DEPOK  – Mengantisipasi terjadinya genangan air dan banjir, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, mengajak masyarakat untuk menggalakkan lubang biopori di tengah masyarakat. Masyarakat tidak melulu mengandalkan saluran air dalam menampung air hujan, sehingga perlu membuat gerakan dengan membuat lubang biopori yang memiliki banyak manfaat.

Lurah Pondok Petir, Anwar Nasihin mengatakan,  saluran air merupakan sarana penampungan air dilingkungan masyarakat saat turun hujan. Namun, saluran air bukan salah satu cara dalam menampung air hujan. Karena, apabila saluran tersebut tidak mendapatkan perawatan dan terdapat ditemukan sampah,  akan membuat saluran air menjadi dangkal dan menyebabkan air meluap ke jalan lingkungan.

“Saluran air akan menyebabkan terjadinya penumpukan air di bagian hilir dan perlu dilakukan terobosan,” ujar Anwar kepada Radar Depok.

Salah satu terobosan, sambung Anwar yang harus dilakukan masyarakat adalah dengan menggerakkan pembuatan lubang biopori. Menurutnya, banyak manfaat yang didapatkan masyarakat dengan membuat lubang biopori, diantara sebagai daerah resapan air, sebagai tabungan air apabila musim panas, meningkatkan penghijauan disekitar lubang biopori, mengurangi genangan air yang dapat menimbulkan penyakit.

Anwar mengungkapkan, pengurus lingkungan dapat menggerakkan masyarakat untuk membuat lubang biopori, baik di halaman rumah maupun di lingkungan masyarakat. Selain menggalakkan lubang biopori masyarakat dapat melakukan penanaman pohon. Menurutnya, dengan melakukan penanaman, pohon dapat meresap air hujan sehingga masyarakat dapat terbebas dari genangan air.

“Pohon juga dapat memproduksi oksigen yang sangat penting terhadap kehidupan manusia,” tutup Anwar.  (dic)