Putra Putri Maritim Jajal Ciliwung

In Metropolis
ADE/RADAR DEPOK
ARUNG : Puluhan finalis Putra Putri Maritim Indonesia saat diberikan arahan untuk melakukan pengarungan sungai ciliwung

DEPOK – Puluhan finalis Putra Putri Maritim Indonesia mendatangi Kota Depok, kemarin. Kehadiran 40 pemuda pilihan dari 23 provinsi se Indonesia tersebut, untuk berkegiatan bersama pegiat lingkungan di Kota Depok di sungai ciliwung.

Ketua Yayasan Sahabat Ciliwung, Hidayat mengatakan, kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dengan Yayasan Sahabat Ciliwung, dimana para finalis putra-putri maritim tersebut mendatangi ciliwung untuk mencoba Arung Edukasi Ciliwung.

“Kami dari Sahabat Ciliwung sebagai fasilitator saja di Kota Depok, para peserta ini dipandu untuk mencoba arung edukasi dan penanaman pohon yang merupakan program dari KLHK,” ujarnya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Para peserta tiba di Kota Depok pukul 07.00 WIB dan langsung menuju Jembatan Juanda, Kecamatan Beji, untuk bersiap melakukan Arung Edukasi Ciliwung. Tak hanya mengarung, selama perjalanan di air, peserta melakukan pulung sampah dan body refting.

“Juga pelepasan ikan, dan penanaman pohon di pinggiran sungai ciliwung,” lanjut Dayat.

Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui joging trek dari zona 1 menuju Ekoriparian Serengseng sawah. “Kegiatan di Ekoriparian antara lain Pemilahan sampah, Pembuatan kompos, Ipal komunal, dan Tanaman Toga,” lanjut Dayat.

Ia berharap, dari kegiatan ini semakin mempromosikan Sungai Ciliwung di Kota Depok dan program Arung Edukasi Sungai yang digagas Yayasan Sahabat Ciliwung untuk sungai Ciliwung lebih baik, bersih dan tetap lestari. “Tujuan utamanya tentu membangun kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap sungai-sungai yang ada di Kota Depok melalui kegiatan positif dan menyenangkan di sungai,” tandasnya.

Diketahui, Putra Putri Maritim merupakan program yang dibuat oleh Yayasan Putera-Puteri Maritim Indonesia dan diikuti oleh 34 provinsi di Indonesia. Setelah melalui proses, terpilihlah 77 Finalis (36 Puteri dan 41 Putera) dari 23 Provinsi di Indonesia.

Para finalis tersebut akan memperebutkan Mahkota dan Piala Bergilir untuk Putra dan Putri Maritim Indonesia terpilih, selain itu juga memperebutkan hadiah ratusan juta rupiah untuk pemenang kategori yang terdiri dari Putra-Putri Maritim Indonesia Favorit, Indonesia Wisata Maritim, Indonesia IPTEK, Indonesia Lingkungan, dan Indonesia Persahabatan. Sementara Duta Maritim Indonesia tingkat provinsi akan mendapatkan sertifikat serta selempang Duta Maritim Indonesia 2017

Sementara itu, Kadisporyata Depok, Agus Suherman mengatakan, terkait Ekowisata Ciliwung yang sedang digagas oleh Pemerintah Kota Depok, pihaknya masih terus melakukan kajian ke berbagai pihak untuk memaksimalkan salah satu potensi wisata di Kota Depok tersebut.

“Tahapnya masih terus dikaji, agar potensi wisata alam ini menjadi salah satu destinasi di Kota Depok,” kata Agus kepada Radar Depok.

Agus menambahkan, segala persiapan telah dilakukan salah satunya dengan membangun dermaga di kolong jembatan juanda. “kami ingin maksimal dalam menjadikan sungai ciliwung ini sebagai destinasi wisata, mudah mudahan dapat selesai dalam waktu dekat,” pungkas Agus. (ade)

You may also read!

BSW santuni yatim

BSW RW 1, Bojong Pondok Terong Santuni 63 Anak Yatim

BERBAGI : RW 1 bekerjasama dengan BSW RW001 menyantuni anak yatim, untuk memperingati 10 Muharram

Read More...
ada minuman buba di depok

Royal Xifu Hadir di Jalan Pemuda Depok

LAUNCHING : Owner Royal Xifu saat launching outlet baru di Jalan Pemuda, depan RS Harapan,

Read More...
santunan SMPN 26 Depok

SMPN 26 Depok Santuni 65 Siswa

SOSIAL : Kepala SMPN 26 Depok, Farida Nurbaiti (tengah) bersama dengan siswa-siswa yang menerima santunan

Read More...

Mobile Sliding Menu