Resmikan Pojok Pengawasan, di 34 Provinsi

In Politika
Panwaslu Kota Depok for Radar
Anggota Bawaslu RI, Mohamad Afifudin didampingi Anggota Bawaslu Jabar saar meresmikan Pojok Pengawasan di kantor Bawaslu Jabar, Jalan Turangga, Kota Bandung, Jumat (24/11).

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI meresmikan Pojok Pengawasan jelang Pilkada serentak 2018. Tempat tersebut bertujuan sebagai wadah interaksi antara masyarakat pemilih dengan Bawaslu tiap daerah di Indonesia.

LAPORAN : Ricky Juliansyah

 

Hari menjelang sore. Namun, komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok, masih setia di Sekretariatnya yang berlokasi di Jalan Raya Citayam, Kelurahan Ratujaya, Cipayung.

Di tengah suasana santai, Radar Depok menyambangi Ketua Panwaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana, dengan maksud menggali informasi terkini terkait kegiatan lembaga pengawasan pemilu tersebut.

Pria ramah ini memang dikenal bersahabat dengan media dan tidak pelit akan informasi seputar lembaga yang ia pimpin.  Bahkan, untuk ditingkat Jawa Barat, Dede tetap memberikan informasi terupdate.

“Tadi Bawaslu Jabar baru meresmikan Pojok Pengawasan. Diresmikan langsung oleh Anggota Bawaslu RI bapak Mohamad Afifudin,” kata Dede.

Sambil meminta stafnya menyediakan kopi bagi pewarta yang hadir, Dede melanjutkan, Pojok Pengawasan kali ini diresmikan di kantor Bawaslu Jabar, Jalan Turangga, Kota Bandung, Jumat (24/11). Ruang terbuka untuk masyarakat umum ini diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengawal proses pemilu.

“Jadi berdasarkan informasi dari pak Mohamad Afifudin, Pojok Pengawasan ini titik temu masyarakat pemilih dengan Bawaslu. Sehingga bisa mendekatkan Bawaslu dengan semua pihak-pihak yang melakukan pengawasan pemilu,” papar Dede.

Melalui Pojok Pengawasan, masyarakat pemilih bisa berdiskusi dan bertukar pikiran tentang pengawasan Pilkada di Jabar. Sehingga, proses pesta demokrasi ini bisa berlangsung sesuai keinginan bersama.

“Kalau ada ide bisa ngobrol lebih santai di sini. Ini jadi tempat diskusi dan bertukar pikiran. Jadi tidak melulu formal dalam bentuk rapat,” ucap Dede.

Nantinya, gagasan pojok pengawasan ini akan diaplikasikan ke Bawaslu di 34 provinsi di Indonesia terutama yang melaksanakan Pilkada serentak 2018 mendatang. Hal ini dilaksanakan agar pelaksanaan Pilkada di seluruh daerah berjalan baik.

“Nanti secara bertahap juga ke Bawaslu di kabupaten dan kota. Intinya Bawaslu ingin mendekatkan diri kepada masyarakat,” ujar Dede mengutip pernyataan Afifudin.

Sementara, sambung Dede, berdasarkan keterangan dari Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto, Pojok Pengawasan ini sengaja di desain terbuka. Tidak ada sekat atau pembatasan kepada masyarakat umum yang ingin berinteraksi dengan Bawaslu selama 24 jam.

konsep seperti itu membuat masyarakat pemilih akan lebih terbuka dan nyaman ketika berinteraksi dengan Bawaslu. Sehingga, sambung dia, dapat menciptakan iklim keterbukaan informasi terkait pengawasan di lapangan.

“Kata pak Koto, dari pojok pelaksanaan ini kita melaksanakan hak konstitusi, politik dan demokrasi masyarakat bisa diberikan pada puncak Pilkada,” tutur dia.

Beberapa gelas kopi hitam yang diminta pun sudah tiba, sambil menunggu hangat kuku. Dede kembali melanjutkan obrolan.  Hadirnya Pojok Pengawasan ini, Bawaslu ingin masyarakat pemilih proaktif dalam pelaksanaan pemilu. Tidak hanya itu, Bawaslu ingin menciptakan pemilih yang cerdas dan berkualitas.

“Tidak lagi menjadi pemilih yang berdasarkan politik uang atau apapun itu. Kalau di Depok belum ada. Mungkin kalau sudah berubah nama menjadi Bawaslu Kota Depok bakal ada,” ucap Dede sambil tertawa. (*)

You may also read!

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar

Hanura Depok Mantap Dukung Pradi-Afifah

Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar.   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Satu lagi partai non parlemen

Read More...
walikota depok pakai masker CFD

Pisah Ranjang dengan Istri, Selamatkan Walikota Depok dari Covid-19

Walikota Depok, Mohammad Idris.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Berkaitan dengan Elly Farida yang terpapar virus Korona (Covid-19),

Read More...
alfamidi SMK Putra Bangsa

SMK Putra Bangsa Gulirkan Alfamidi Class

LULUSAN TERBAIK : Siswa-siswa SMK Putra Bangsa yang menjadi calon peserta Program Alfamidi Class berfoto

Read More...

Mobile Sliding Menu