Beranda Satelit Depok RT07/18, Pancoranmas Rutin Kebanjiran

RT07/18, Pancoranmas Rutin Kebanjiran

0
RT07/18, Pancoranmas Rutin Kebanjiran
INDRA/RADARDEPOK MENUNJUKAN: Dedy Saputra (tengah) menunjukan anak Kali Pancoranmas yang sering meluap di wilayah RT07/18, Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas.
INDRA/RADARDEPOK
MENUNJUKAN: Dedy Saputra (tengah) menunjukan anak Kali Pancoranmas yang sering meluap di wilayah RT07/18, Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas.

DEPOK – Lingkungan RT07/18, Kelurahan/Kecamatan Pancoranmas kerap dilanda banjir bila hujan tiba. Selain karena hujan, banjir juga timbul akibat air kiriman dari Bogor yang melintasi Kali Kerukut di dekat wilayah tersebut.

Salah seorang warga RT07/18, Hendra (34) mengatakan, pada Selasa (31/10) malam, pemukiman mereka baru saja dilanda banjir setinggi lutut orang dewasa, dia mengatakan ada sekitar 50 rumah di RT07/18 yang terendam banjir tersebut.

“Banjirnya disebabkan luapan air anak Kali Pancoranmas , karena anak Kali Pancoranamas yang ada di samping rumah warga sangat kecil dan tidak mampu menampung debit air yang mengalir,” ucapnya, Rabu (1/11).

Kejadian banjir tersebut sudah terjadi selama bertahun-tahun, tanpa ada perhatian dari Pemkot Depok. Warga setempat sudah sangat sering mengadukan hal tersebut ke pihak RT maupun RW setempat.

Hendra menambahkan, dampak dari banjir tersebut mengakibatkan rusaknya dinding rumah warga, serta beberapa peralatan elektronik yang rusak karena terendam banjir.
“Kalau banjir pasti kulkas warga pada rusak, bahkan ada yang sampai kemasukan belatung,” ucapnya.

Di tempat yang sama, pengurus RW18, Dedy Saputra mengatakan, pihaknya sudah berulang kali mengajukan proposal ke Pemkot Depok untuk pembuatan turap kali di wilayah mereka, supaya bisa menahan luapan air, namun tidak pernah di tanggapi dengan serius oleh Pemkot Depok.

“Ini kan kalinya kecil, kalau hujan turun tidak mampu nampung luapan airnya, makanya suka banjir. Kami inginnya kali ini dikeruk lagi agar lebih dalam, dan di turap yang tinggi,” ucap Dedy.

Dedy berharap, Pemkot Depok mau memperhatikan warganya dan memberikan solusi atas permasalahan banjir yang kerap melanda pemukiman penduduk setempat.

“Tolong dong Pemkot Depok datang kesini, biar tahu di sini tuh kondisinya sudah sangat parah,” ucapnya. (cr1)