Beranda Metropolis Sekda Dilantik Pertengahan November

Sekda Dilantik Pertengahan November

0

DEPOK – Bila tidak ada aral, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok akan dilantik pertengahan November 2017. Tiga nama calon Sekda telah diserahkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) usai mendapat rekomendasi Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan (Aher).

“Sekarang ini masih menunggu surat balasan dari KASN,” kata Walikota Depok, Mohammad Idris kepada Radar Depok, usai mengikuti rapat paripurna di Gedung DPRD Depok, Rabu (8/11).

Proses di KASN, kata Idris, untuk menetapkan satu dari tiga nama calon Sekda atas kriteria penilaian panitia seleksi (pansel).

Bahkan dari hasil pansel, secara mutasi dan rotasi tiga nama calon tidak ada perubahan.

Mantan santri Pondok Pesantren Gontor Ponorogo, Jawa Timur, ini mengakui, Gubernur Jabar telah menyerahkan sepenuhnya kepada dirinya untuk memilih Sekda.

“Gubernur telah menyetujui dan sesuai penilaian dari pansel. Itu sudah kami terima. Terakhir ada di KASN untuk rekomendasi. Kalau KASN bilang prosesnya sudah tidak ada masalah dan diserahkan ke Walikota, maka akan segera dilakukan pelantikan,” katanya.

Untuk itu, Idris memastikan bahwa pelantikan Sekda akan dilakukan bulan November.

“Kami minta di bulan ini. Biasanya surat yang semacam itu ada di KASN sekitar dua minggu. Paling tidak pertengahan November setelah tanggal 12 mudah-mudahan sudah ada,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jabar, Aher sudah menandatangani hasil rekomendasi calon Sekda. “Jadi hasil konsultasi sudah ditandatangani sebelum berangkat ke Jepang pekan kemarin,” katanya.

Aher enggan menyebut ketiga nama calon Sekda. Ia menegaskan jika penetapan Sekda merupakan hak prerogatif Walikota. “Pokoknya tidak ada urusan, karena Walikota punya hak penuh untuk penetapan Sekda Depok,” tegas Aher.

Berdasarkan hasil konsultasi dengan Kemendagri, Walikota dipersilakan mengangkat satu orang menjadi Sekda.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) hanya sebatas menilai hasil dan proses panitia seleksi dalam pencalonan Sekda,” kata Aher.(irw)