Beranda Pendidikan SMP Terbuka di SMPN 9 Jadi Solusi

SMP Terbuka di SMPN 9 Jadi Solusi

0
SMP Terbuka di SMPN 9 Jadi Solusi
PEBRI/RADAR DEPOK KETRAMPILAN: Kepala SMP Terbuka Induk SMPN 9 Depok, Ety Kuswandarini saat memperhatikan sisea sedang praktik komputer.
PEBRI/RADAR DEPOK
KETRAMPILAN: Kepala SMP Terbuka Induk SMPN 9 Depok, Ety Kuswandarini saat memperhatikan sisea sedang praktik komputer.

DEPOK – Keberadaan SMP Terbuka di Kota Depok, cukup memegang peran signifikan dalam hal pemberian pelayanan pendidikan kepada seluruh lapisan masyarakat. Di SMP Terbuka Induk SMPN 9 Depok pun menerima siswa dengan berbagai latar belakang kesulitan mengenyam pendidikan.

Kepala SMP Terbuka Induk SMPN 9 Depok, Ety Kuswandarini mengatakan, karena menginduk ke SMPN 9 Depok, maka manajemen SMP Terbuka masuk ke SMPN 9 Depok. Oleh karena itu, mulai dari kesiswaan, kurikulum, dan juga keuangan menjadi satu kepengurusan.

“SMP Terbuka di SMPN 9 Depok sudah ada sejak tahun 2007. Sekarang ini jumlah siswanya ada 570 yang terbagi menjadi 15 rombongan belajar,” ucapnya kepada Radar Depok saat menerima supervisi dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Pelayanan Khusus Dirjen Dikdasmen, Rabu (8/11).

Ety menjelaskan, karena masih menginduk, maka kurikulum yang diterapkan pun sama baik di SMPN 9 ataupun di SMP Terbukanya, yakni Kurikulum 2013. Bahkan, waktu pembelajarannya pun juga menyesuaikan, yakni Senin sampai Sabtu, tetapi dilaksanakannya pada jam siang hari.

“Di SMP Terbuka proses pembelajaran di kelas dari Senin sampai Kamis, sedangkan di Hari Jumat dan Sabtu ada pembelajaran ketrampilan untuk siswanya,” katanya.

Ety menjelaskan, ketrampilan yang diberikan ke siswa SMP Terbuka di sekolahnya, yakni ada tata boga, tata busana, dan komputer. Jadi, siswa tidak hanya mendapatkan pendidikan ilmu pengetahuan, tetapi juga pendidikan ketrampilan, sebagai bekal mereka dalam menjalani kehidupan, terutama dalam meningkatkan pendapatan ekonomi.

“Rata-rata siswa di SMP Terbuka adalah siswa yang mengalami kesulitan untuk bersekolah. Jadi, ketrampilan sangat baik untuk mereka, agar bisa mendapatkan penghasilan dengan ketrampilan yang dimilikinya,” jelasnya. (peb)