Beranda Satelit Depok Sukirno Legawa Jembatan Dibongkar

Sukirno Legawa Jembatan Dibongkar

0
Sukirno Legawa Jembatan Dibongkar
RAMA SAKTI/RADAR DEPOK MENDAPAT PENJELASAN: Lurah Sukmajaya (tiga dari kanan) membujuk Sukirno supaya jembatan miring yang dibangunnya boleh dibongkar. (Inset) aliran air menjadi terhambat karena badan kali tertutup jembatan.
RAMA SAKTI/RADAR DEPOK
MENDAPAT PENJELASAN: Lurah Sukmajaya (tiga dari kanan) membujuk Sukirno supaya jembatan miring yang dibangunnya boleh dibongkar. (Inset) aliran air menjadi terhambat karena badan kali tertutup jembatan.

DEPOK – Sukirno akhirnya legawa jembatan yang dibangunnya akan dibongkar. Kemarin, Lurah Sukmajaya bersama pengurus LPM, Babinsa, Bhabinkamtibmas, ketua RW09, ketua RT01 dan 07 mendatangi rumah Sukirno di RT01.

Melalui pendekatan persuasif, Lurah Sukmajaya, Achmad Munandar menjelaskan kepada Sukirno bahwa jembatan yang dibangunnya secara miring telah menghambat aliran air yang melintas di Kali Kecil.

“Kalau jembatan miring begini air jadi kehambat. Saya selaku lurah minta tolong kepada Pak Kirno (Sukirno, red) agar jembatan boleh dibongkar. Nanti kita bangun lagi, dibuat lurus,” kata Munandar.

Ketika jembatan diperbaiki, tidak ada lagi warga yang dirugikan. Menurut ketua RT, baik RT01 maupun RT07, salah satu penyebab banjir di lingkungan Perumahan Graha Studio Alam, akibat terhambatnya air di badan jembatan.

“Kami ke sini menindaklanjuti surat yang disampaikan pak RT. Lebih baik diselesaikan secara musyawarah kayak begini, ketimbang nanti Satpol PP yang turun. Karena surat yang disampaikan pak RT sudah masuk ke dinas,” kata Munandar.

Setelah mendapat pengertian, Sukirno pun menyadari jika badan jembatan menghambat aliran air, terutama bila intensitas debit air kencang.

“Baik pak lurah, silakan kalau mau dibongkar. Tapi jembatan ini akses saya ke rumah. Tolong dibangun lagi,” pinta Sukirno.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Sukmajaya, Anwar Yudiono memastikan jika Kali Kecil akan diturap. “Kali akan diturap. Panjangnya 300 meter. Nanti RW yang mengusulkan. Kami perjuangkan di dinas,” kata Anwar.

Kali perlu diturap karena setiap curah hujan tinggi, air meluap. Badan kali yang hanya dua meter dan kedalaman satu meter, membuat kali tidak mampu menampung banyak debit air.

“Kali Kecil ini hulunya dari Cilodong. Hilirnya ke Situ Studio Alam TVRI. Jadi ketika musim hujan, air meluap. Imbasnya ke RT07 Perumahan Graha Studio Alam banjir,” kata Anwar. (ram)