Beranda Satelit Depok Sukmajaya Kian Gencar Memilah Sampah

Sukmajaya Kian Gencar Memilah Sampah

0
Sukmajaya Kian Gencar Memilah Sampah
RAMA SAKTI/RADAR DEPOK REUSE, REDUCE, RECYCLE: Pengurus Bank Sampah Mutiara Berkah RW13, Kelurahan Sukmajaya, mengajak kader di enam kelurahan se-Kecamatan Sukmajaya untuk terus memilah sampah.
RAMA SAKTI/RADAR DEPOK
REUSE, REDUCE, RECYCLE: Pengurus Bank Sampah Mutiara Berkah RW13, Kelurahan Sukmajaya, mengajak kader di enam kelurahan se-Kecamatan Sukmajaya untuk terus memilah sampah.

DEPOK – Mewujudkan Kota Depok yang bersih dan sehat, sebagai salah satu program unggulan Kota Depok, aparatur Kelurahan Sukmajaya di Kecamatan Sukmajaya, bekerja sama dengan Bank Sampah Mutiara Berkah RW13, semakin gencar mengajak warga untuk memilah.

Selasa (7/11), Bank Sampah Mutiara Berkah mengadakan sosialisasi dengan mengundang 40 kader dari enam kelurahan se-Kecamatan Sukmajaya.

“Melalui sosialisasi ini, saya harapkan seluruh warga, terutama kader, memahami pentingnya memilah sampah,” kata Lurah Sukmajaya, Achmad Munandar.

Program memilah sampah, kata dia, telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 5 Tahun 2014. Hal ini guna mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPS maupun TPA.

“Dengan adanya perda, pemilahan sampah dilaksanakan semua masyarakat, khususnya di Kelurahan Sukmajaya. Sehingga visi Kota Depok yang unggul, nyaman dan religius, serta program unggulan menjadi kota yang bersih dan sehat dapat terwujud,” kata Amund-sapaannya.

Sosialisasi yang diikuti Direktur Bank Sampah Kota Depok, Supariyono, Direktur Bank Sampah Mutiara Berkah, Desi, Pembina Bank Sampah Mutiara Berkah yang juga anggota DPRD Depok, Endah Winarti, Camat Sukmajaya, Kapolsek dan Danramil, para peserta sosialisasi melakukan praktek cara memilah, pembukuan dan administrasi seperti yang telah dilakukan pengurus Bank Sampah Mutiara Berkah.

Selain itu, Kelurahan Sukmajaya menyerahkan gerobak motor (germo) kepada pengurus RW03, yang telah menjalankan pemilahan sampah.

“Dengan adanya bantuan sarana dan prasarana, semoga menjadi pendukung pemilahan sampah. Sebelumnya kita juga berikan germo kepada RW13. Saya berpesan agar sarana tersebut dirawat dan dipelihara dengan baik,” tutup Amund. (ram)