Beranda Satelit Depok Swadaya untuk Saluran RW15, Pontir

Swadaya untuk Saluran RW15, Pontir

0
Swadaya untuk Saluran RW15, Pontir
DICKY /RADARDEPOK PERBAIKI: Lurah Pondok Petir, Anwar Nasihin  saat meninjau perbaikan saluran air di RW15 Kelurahan Pondok Petir,  Kecamatan Bojongsari, kemarin.
DICKY /RADARDEPOK
PERBAIKI: Lurah Pondok Petir, Anwar Nasihin  saat meninjau perbaikan saluran air di RW15 Kelurahan Pondok Petir,  Kecamatan Bojongsari, kemarin.

DEPOK – Tingginya intensitas hujan membuat saluran air di RW15, Kelurahan Pondok Petir (Pontir), Kecamatan Bojongsari, meluap dan menggenangi jalan lingkungan. Untuk menanggulangi hal tersebut, masyarakat bersama aparatur Kelurahan Pondok Petir memperbaiki saluran tersebut dengan cara swadaya masyarakat, kemarin.

Lurah Pontir, Anwar Nasihin mengatakan, kurang berfungsinya saluran air di RW15 menyebabkan terjadinya genangan air apabila terjadi turun hujan.  Hal itu dikarenakan kondisi saluran tersebut perlu mendapatkan pengerukan dan perbaikan untuk memperlancar jalannya air,  sehingga tidak meluap ke jalan lingkungan.

“Warga berinisiatif memperbaiki saluran air dengan cara swadaya masyarakat, ” ujar Anwar kepada Radar Depok, kemarin.

Anwar mengungkapkan, saluran tersebut memiliki panjang sekitar 500 meter, yang berasal dari permukiman warga menuju Kali Angke. Untuk dapat menampung volume air, saluran tersebut dilakukan pengerukan sedimen lumpur dan menambah kedalaman, sehingga dapat menampung lebih banyak air untuk disalurkan ke Kali Angke.

Anwar menjelaskan,  perbaikan saluran air di RW15 selain dilakukan secara swadaya masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok juga terlibat dalam pengerjaan tersebut. DPUPR membantu perbaikan saluran dengan mengirimkan Satgas Banjir. Dia berharap,  dengan dilakukan perbaikan saluran tersebut tidak ada genangan air saat hujan di lingkungan masyarakat.

“Apabila saluran telah selesai diperbaiki masyarakat harus dapat merawatnya dan tidak ada yang membuang sampah di dalam saluran, ” tutup Anwar.  (dic)