Tiap Tahun 100 Guru Pensiun Depok Krisis Pemberi Ilmu

In Metropolis
Illustrasi

DEPOK-Di Hari Guru Nasional (HGN) ke-72 yang jatuh Sabtu (25/11), menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemerintah Kota Depok. Bayangkan, saban tahunnya Dinas Pendidikan (Disdik) mencatat sebanyak 100 guru dirumahkan alias pensiun.

“Depok kekurangan guru. Di sekolah SD dan SMP Negeri hampir setiap tahun 100 guru pensiun,” ungkap Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin, kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Permasalahan kekurangan guru ini, kata Thamrin caranya dengan memaksimalkan penempatan guru setiap sekolah, agar  tidak kekurangan guru. Caranya, kata dia, dengan guru honor. “Kami menutupi kekurangan guru dengan guru honor,” ucap Thamrin.

Lalu, Disdik pun telah mengajukan kekurangan guru ke pihak  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok. “Sudah kami ajukan. Jumlahnya kisaran puluhan,yang pasti sudah kami ajukan,” tuturnya.

Dari jumlah guru pensiun tiap tahunya 100 orang, mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Depok ini menyebutkan paling banyak umumnya guru SDN. “Terutama guru SDN, kurang,” tegas dia.

Ia menyebutkan, jumlah SDN di Depok tercatat ada 275 sekolah sedangkan  jumlah SMPN di Depok ada 26 sekolah. Tentu perbandingan jumlah sekolah SDN lebih banyak.

Terkait kekurangan tenaga guru di Kota Depok, Walikota Depok Mohammad Idris menjelaskan, berdasarkan arahan dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kementerian PAN RB belum ada kesesuaian terkait penerimaan guru baru.

Kemendagri, kata Idris memerintahkan agar Depok melakukan pendataan ulang jumlah seluruh guru baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun guru honor. Nantinya data ini, akan ditembuskan kepada Kementerian PAN RB sebagai data untuk penerimaan guru baru. “Kita akan data jumlah guru, termasuk guru agama di Madrasah. Namun otoritas untuk guru agama itu berada dio Kementerian Agama,” kata dia. (irw)

You may also read!

sosialisasi empat pilar milenial

Hasbullah Sosialisasi Empat Pilar ke Milenial Cilodong

SOSIALISASI : Anggota DPRD Jawa Barat, HM. Hasbullah Rahmad (Kedua dari kanan) di damping istri

Read More...
sosialisasi RKAS di sawangan

Sekolah Butuh Guru, Berikut Prosedur untuk Rekrutmennya

SOSIALISASI : Kabid Pendidikan SD, Sada Sugianto sedang memberikan penjelasan tentang perubahan RKAS terkait pandemi

Read More...
kelurahan PGS kelurahan sehat

Langkah PGS Menuju Kelurahan Sehat

GIAT : Forum koordinasi Kelurahan Sehat, yang dilakukan di aula Kantor Kelurahan Pasir Gunung Selatan

Read More...

Mobile Sliding Menu