Beranda Politika Tiga Calon PPS Ujian Susulan

Tiga Calon PPS Ujian Susulan

0
Tiga Calon PPS Ujian Susulan
RICKY/RADAR DEPOK SELEKSI: Tiga orang calon PPS mengikuti ujian susulan yang dilaksanakan PPK Bojongsari di aula kantor Kecamatan Bojongsari, Selasa (7/11).
RICKY/RADAR DEPOK
SELEKSI: Tiga orang calon PPS mengikuti ujian susulan yang dilaksanakan PPK Bojongsari di aula kantor Kecamatan Bojongsari, Selasa (7/11).

DEPOK – Tiga orang calon anggota Penitia Pemungutan Suara (PPS) mengikuti tes tertulis susulan yang diselenggarakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bojongsari di kantor Kecamatan Bojongsari, kemarin. Pasalnya, yang mendaftar dan mengikuti tes tertulis belum memenuuhi kuota.

Ketua PPK Bojongsari, Dasuki menjelaskan, saat pendaftaran dan tes tertulis yang digelar Jumat (3/11) hanya diiikuti sebanyak 25 orang. Dan tes wawancara dilaksanakan Senin (6/11).

“Jadi belum memenuhi kuota. Jika ditanya berapa kuotanya, ya tentunya kami dari PPK ingin sebanyak-banyaknya yang daftar,” kata Dasuki kepada Radar Depok, kemarin.

Jadi, lanjut Dasuki, Selasa (7/11) pihaknya kembali mengadakan tes tertulis susulan untuk calon anggota PPS, yang nantinya akan langsung dilanjutkan dengan tes wawancara.

“Kita berikan jeda satu jam, setelah tes tertulis, baru tes wawancara. Karena sore ini akan diplenokan dan hasilnya diserahkan ke KPU, karena KPU yang mengumumkan besok (hari ini. Red),” paparnya.

Dari seluruh yang mendaftar sebagai calon anggota PPS, komposisinya 60 persen muka lama dan 40 persen orang baru. Nantinya, di Kecamatan Bojongsari akan merekrut sebanyak 21 PPS yang tersebar di tujuh kelurahan. “Tiap kelurahan tiga orang,” ucapnya.

Dasuki mengharapkan agar, PPS yang terpilih dapat dapat berkerja secara profesional guna terselenggaranya Pemilu yang jujur, adil dan sukses.

“Tentunya penyelenggaraan pemilu yang sukses itu bagaimana dari prosesnya,” tandas Dasuki.

Sementara, Komisioner KPU Kota Depok, Nurhadi mengatakan, saat ini untuk perekrutan PPS prosesnya masih berlangsung. PPK yang interview, nanti mereka akan melaporkan ke KPU Depok.

“Tahapan seleksinya di PPK, KPU menerima laporannya,” kata Nurhadi.

Menurutnya, adanya tes susulan yang dilakukan PPK Bojongsari, sudah sesuai dan boleh dilakukan sesuai PKPU nomr 3 tahun 2015 pasal 37 ayat (7), dimana KPU boleh bekerjasama dengan ormas, organisasi profesi, tokoh masyarakat untuk mencari kekurangan kuota.

“Rencanannya pelantkan tanggal 11 November, serentak untuk se-Kota Depok, terpusat di satu lokasi. Tempatnya akan diberitahukan lebih lanjut,” pungkasnya. (cky)