UPN Langgar UU Bangunan Gedung

In Metropolis

DEPOK-Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran harus patuh terhadap, Undang-Undang (UU) No28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung. Sebagai kampus negeri, gedung berlantai empat yang sedang dibangun di RT2/5 Kelurahan/Kecamatan Limo, dinilai Pakar Hukum Tata Negara  Universitas Parahiyangan, Prof Asep Warlan Yusuf jangan membangun sebelum izin belum dikantongi.

“Setiap pembangunan gedung itu harus memenuhi persyaratan admintrasi dan persyaratan teknis, lalu harus ada IMB-nya,” kata Asep, kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Jika tidak ada syarat salah satunya IMB, maka kata dia, sudah menyelahi aturan. Di dalam peraturan tersebut disebutkan setiap bangunan dibangun wajib memiliki izin bangunan, entah itu dari pemerintah dan swasta. Kalau tidak ada syaratnya yakni IMB, maka itu melanggar hukum, sanksinya admintrasi. Misalkan sanksinya dibongkar, atau distop, disini Pemkot Depok harus aktif, tegas dia.

Terpisah, Anggota Komisi A DPRD Depok Hamzah mengegaskan, pihaknya akan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke UPN yang tidak miliki IMB. “Kita akan sidak, tapi kita selesaikan Pansus yang sedang dilakukan DPRD Depok,” ucap dia singkat.

Sebelumnya, Dekan Falkutas Ilmu Kesehatan (Fikes) UPN Veteran, Desak Nyoman Sithi menegaskan, pembangunan gedung UPN Veteran, di RT2/5 Kelurahan/Kecamatan Limo IMB-nya sedang diurus. “Sedang diurus izinya,” tegas Desak, kepada Radar Depok.

Menurutnya, pembangunan yang dilakukan UPN ini terkait perizinan urusannya pemerintah dengan pihak pemerintah. Namun, pihaknya juga menaati peraturan dengan membuat izin.  Akan tetapi, sebelum dibuatkan IMB gedung itu, pembagunan sudah mulai dilakukan. Dia berangapan bahwa proses perizinan agak lama. “Pembangunan gedung itu tentu yang tahu persis rektor dan tim pembangunan,” tutupnya.(irw)

You may also read!

walikota depok bermasker putih

Mohammad Idris Ajukan Cuti Mulai 26 September

Mohammad Idris   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mohammad Idris yang kini menjadi Walikota Depok, akan bertarung pada Pemilihan

Read More...
PN pedagang pasar kemirimuka

Banyak Bansos, Bikin Harga Sembako di Pasar Turun di Depok

MELAYANI PEMBELI : Pedagang ikan melayani pembeli saat berada di Pasar Kemirimuka, Kecamatan Beji. FOTO

Read More...
XL untuk pembelajaran

Belajar Online Tambah Seru? #KenapaNggak

  RADARDEPOK.COM - Masa pandemi membuat kita beradaptasi dengan banyak hal baru. Selain kita harus selalu menggunakan masker, mencuci tangan

Read More...

Mobile Sliding Menu