DICKY/RADARDEPOK PENGHARGAAN : Machmur saat meperlihatkan piagam tanda kehormatan dari PMI, beberapa waktu lalu
DICKY/RADARDEPOK
PENGHARGAAN : Machmur saat meperlihatkan piagam tanda kehormatan dari PMI, beberapa waktu lalu

Setetes darah sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkan. Hal itu yang tertatanam dibenak Machmur yang kini menjadi Sekretaris Kelurahan (Sekel) Curug, Kecamatan Bojongsari. Hingga saat ini dia telah melakukan donor darah sebanyak 120 kali.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

 

Sosok pria berkumis tengah melaksanakan aktivitasnya di salah satu ruang kerja Kelurahan Curug, Bojongsari. Ya, pria tersebut merupakan Machmur Sekretaris Kelurahan Curug. Ditengah kesibukannya, ternyata dia merupakan salah satu orang yang mendapatkan penghargaan Satia Lencana Bakti dari mantan presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada 2011.

Sambil meminum segelas kopi, Machmur mengatakan, sejak duduk di bangku sekolah di STM Pelita, Jakarta Pusat. Dia telah tertarik mengikuti kegiatan Palang Merah Indonesia (PMI). Hal itu didorong dari rasa sosial dan tempat tinggalnya, yang tidak jauh dari Lembaga Transfusi Darah Jakarta pada 1978.

“Saya berpikir setetes darah sangat berarti kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Machmur yang gemar menunggangi motor sport.

Pria kelahiran 1960 ini mengungkapkan, mendonorkan darah memiliki manfaat buat dirinya. Selain, menjadikan tubuh yang sehat, darah yang disumbangkan dapat membantu masyarakat yang kekurangan darah. Atas dasar itu, dia selalu membawa kartu PMI kerap kemanapun dia pergi.

Semenjak sekolah, sambung Machmur telah tergabung dalam PMI dilingkungan sekolah. Bahkan, dia selalu mengajak teman sekolah hingga teman bekerja untuk melakukan donor darah. Untuk menghilangkan rasa takut dan meningkatkan minat temannya, dia selalu menjadi orang pertama untuk melakukan donor darah.

“Awalnya pada takut namun saat melihat saya antusias teman sekolah maupun rekan bekerja ikut melakukan donor,” terang pria yang gemar makan bakso ini.

Seiring berjalannya waktu, lanjut Machmur tidak terasa telah melakukan donor darah sebanyak 120 kali dan tercatat di buku PMI yang selalu dia bawa. Atas sumbangsihnya terhadap PMI, PMI Kota Bogor mengajukan namanya untuk mendapatkan piagam penghargaan.

Machmur menuturkan, pada 2011 atas rekomendasi PMI Bogor dia mendapatkan penghargaan Satia Lencana Bakti. Piagam tanda kehormatan tersebut diberikan langsung mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Tidak hanya itu, dia mendapatkan cinderamata berupa cincin bertuliskan angka 100 dari Jusuf Kalla yang menjadi ketua umum PMI. “Hingga saat ini penghargaan yang diberikan masih saya simpan dengan baik,” ucap Machmur.(bersambung)