IST BENTUK APRESIASI: Walikota didampingi Wakil Walikota Depok (tengah) memberikan penghargaan Piala Adiwiyata kepada beberapa sekolah di Kota Depok.
IST
BENTUK APRESIASI: Walikota didampingi Wakil Walikota Depok (tengah) memberikan penghargaan Piala Adiwiyata kepada beberapa sekolah di Kota Depok.

DEPOK – Pemkot Depok memberikan award kepada 26 sekolah dari tingkat SD hingga SMA, yang telah menjalankan program sekolah adiwiyata.

Piala Adiwiyata tersebut langsung diberikan Walikota Depok, Mohammad Idris kepada masing-masing kepala sekolah, di lantai 1 Balaikota Depok, Jalan Raya Margonda, Jumat (29/12) pagi.

“Ada beberapa sekolah sudah melakukan rintisan sekolah adiwiyata, salah satunya SMAN 1 Depok, SMPN 2 Depok. Itu kan sudah berwawasan lingkungan dari segi penghijauannya, kemudian pengelolaan dan pengolahan sampahnya,” tutur Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidikan, Tinte Rosmiati kepada Radar Depok.

Tinte mengatakan, sekolah adiwiyata salah satu poin yang terdapat dalam program unggulan Pemkot Depok yakni zero waste city.

     Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) dalam menjalankan zero waste city.

     Penerapan sekolah adiwiyata, kata Tinte memang belum sesuai yang diamanahkan oleh regulasi lingkungan hidup. Itu terbukti dari beberapa catatan penghargaan Adipura.

“Penerapannya salah satunya adalah ketika penerimaan siswa baru atau ketika anak lulus, kita wajibkan anak untuk bawa satu atau dua tanaman yang bermanfaat bagi sekolah. Kita harapkan tanaman tersebut adalah tanaman yang berakar tunggal,” sambungnya.

Tinte melanjutkan, dengan siswa membawa tanaman ke sekolah, selain menjadikan sekolah ramah lingkungan, dapat pula menambah pengetahuan kepada siswa tentang tumbuh-tumbuhan.

“Selain itu, sekolah jadi tidak gersang. Bisa dilihat sekarang kondisi fluktualitas udara kita itu sudah tidak baik dengan polusi yang sudah sangat tercemar karena kita di daerah perkotaan. Nah, solusi yang paling gampang adalah dengan penghijauan yang ada di sekolah-sekolah,” tutup Tinte. (cr3)