IST RUTINITAS: Beberapa siswa SD Prestasi Global berfoto bersama usai kegiatan yang diadakan di sekolahnya.
IST
RUTINITAS: Beberapa siswa SD Prestasi Global berfoto bersama usai kegiatan yang diadakan di sekolahnya.

DEPOK – TK Prestasi dan SD Prestasi Global memiliki program unik untuk siswa. Di lingkungan sekolah tidak ada kantin ataupun pedagang. Hal itu dilakukan, untuk mengajak orang tua untuk bisa lebih aktif dalam memberikan perhatian kepada anaknya, salah satunya demi kesehatan.

Kepala Administrasi Sekolah Prestasi Global, Abdurahim mengatakan, dengan tidak adanya pedagang di sekolah, maka orang tua membuatkan makanan untuk anaknya. Dengan begitu, asupan untuk anaknya akan lebih terjamin selama berada di sekolah. Tentu, makannan yang dibuat orang tua kandungan dalam makanan tersebut akan sehat.

“Meskipun kami membuka katering untuk anak-anak, tetapi tidak ada kewajiban untuk ikut serta. Tujuan intinya adalah mengajak orang tua berperan aktif dalam keseharian siswa, baik itu di sekolah,” ucapnya kepada Radar Depok.

Tidak hanya itu saja, dengan tidak adanya kantin dan juga pedagang di lingkungan sekolah, bisa mengurangi persaingan ekonomi sesama siswa. Bahkan, bisa mencegah siswa membawa uang berlebihan, yang juga bisa berdampak pada tindakan pemalakan dari siswa senior atau yang lainnya.

“Ini juga bisa mengurangi produksi sampah di sekolah. Bayangkan saja, kalau ada jajanan di sekolah, tentunya akan ada banyak sampah yang dihasilkan dari jajanan siswa,” terangnya.

Ada beberapa hal lain yang menjadi program di sekolah, yakni tentang keagamaan. Siswa diberikan pemahaman dasar tentang keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, tentang tata cara berwudhu, dan mengaji. Selain itu, siswa juga diajarkan untuk terbiasa melakukan salat duha setiap harinya di sekolah.

“Kami juga menciptakan suasana kekeluargaan baik antara guru di sekolah dengan orang tua. Karena, untuk menyukseskan dunia pendidikan harus mendapatkan dukungan dari orang tua agar sejalan dalam memberikan pendidikan sekolah,” katanya. (peb)