IST/ RADARDEPOK MEMPERINGATI: Para lansia menghadiri peringatan Hari Ibu di kawasan Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas.
IST/ RADARDEPOK
MEMPERINGATI: Para lansia menghadiri peringatan Hari Ibu di kawasan Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas.

DEPOK  – Perhimpunan Gerontologi Indonesia (Pergeri) mengadakan peringatan Hari Ibu yang tiap tahunnya dirayakan tanggal 22 Desember. Dalam kegiatan yang diadakan di kawasan Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas tersebut, diikuti beberapa lansia.

Ketua Panitia Pergeri Depok, Sujadi Prasetowo mengatakan, kegiatan tersebut sengaja disuguhkan, karena menurutnya selain untuk memeriahkan dan meramaikan peringatan Hari Ibu, panitia juga bertujuan memperlihatkan persatuan dan kesatuan dalam kegiatan tersebut.

“Kami ingin menunjukkan, walaupun kita terdiri dari berbagai suku bangsa, adat istiadat dan bahasa, namun kita tetap satu,” ujarnya.

Menurutnya, penggunaan pakaian adat, bukan tanpa maksud dan tujuan. Ragam pakaian adat yang dikenakan para lansia, juga ditampilkan untuk mengisi acara fashion show dan operet yang dilaksanakan.

“Fashion show baju adat dari berbagai daerah ini diikuti oleh
35 peserta. Nantinya, akan dipilih juara 1, 2 dan 3. Pemenang berhak mendapatkan piala dan hadiah hiburan. Usai kegiatan fashion show, akan dilanjutkan dengan penampilan seni peran, dengan pesertanya para lansia ini,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang peserta fashion show yang menggunakan baju adat asal Sumatra Barat, Asnur mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya berharap lansia semakin aktif dan produktif, walaupun sudah memasuki usia senja.

“Lansia tidak boleh loyo, kita harus jadi lansia tangguh dan produktif. Menang dalam acara ini hanya bonus, yang penting kita meramaikan saja,” tutur lansia warga RT11/02, Kelurahan Depok Jaya tersebut. (cr1)